Korsel Ingin Kirim Masakan Khas ke Luar Bumi / South Korean Cuisine Want to Send Out Earth


Korea Selatan (Korsel) kini tidak saja berambisi mengirim astronotnya ke luar angkasa. Makanan khas bangsa Korea pun direncanakan ikut mengorbit.

Laman harian Korsel, Chosun Ilbo, mengungkapkan bahwa Institut Penelitian Energi Atom Korea bekerja sama dengan sejumlah produsen makanan domestik untuk menyiapkan hidangan tradisional bagi Ko San, yaitu astronot pertama Korea yang bertolak ke luar angkasa dengan roket Rusia, Soyuz.


Makanan yang disiapkan antara lain adalah asinan sayur pedas khas Korea, Kimchi, mi instan, dan sejumlah makanan lain. Mengingat situasi di luar angkasa yang hampa udara dan sangat berbeda dengan di Bumi, maka paket makanan itu akan dibuat dalam kemasan khusus.

Kimchi, misalnya, akan disiapkan dalam bentuk kemasan kering, berikut dengan pasta cabe, kacang kedelai, nasi, ginseng merah, teh hijau dan Daesang serta Ottogi.

Sebagai pemilik roket, otoritas Rusia juga akan mengetes kelayakan dan daya tahan paket makanan untuk astronot Korea itu. Bila lulus tes, paket makanan itu bisa dinikmati oleh Ko San saat dia melayang di luar angkasa.

Para peneliti Korsel rupanya sangat berkepentingan untuk mengirim makanan khas ke luar angkasa. Selain menjadi kebanggaan nasional, mereka ingin mengetahui apakah makanan-makanan itu layak untuk disantap di tempat yang berbeda dari Bumi dan bagaimana penyajian yang tepat untuk dikonsumsi di ruang hampa udara.

Menurut Chosun Ilbo, penyiapan makanan khusus untuk luar angkasa itu saat ini masih membutuhkan biaya yang mahal. Namun, ini menjadi penelitian yang bagus untuk mengetahui apakah makanan khusus untuk luar angkasa pada akhirnya juga bisa dinikmati oleh para konsumen di bumi.

In Eng Sub:

South Korea (Korea) is now not only ambition is to send astronauts into space. The food was typical of Korean people joined planned orbit.

South Korean daily pages, Chosun Ilbo, said that the Atomic Energy Research Institute of Korea in cooperation with a number of domestic food producers to prepare traditional dishes for Ko San, the first Korean astronaut who traveled to space with Russian rocket, Soyuz.

Food prepared include distinctive spicy pickled Korean vegetables, Kimchi, instant noodles, and some other foods. Given the situation outside the vacuum space and is very different from the Earth, so that the food packages will be made in special packaging.

Kimchi, for instance, will be prepared in the form of dry packaged along with the chili paste, soy beans, rice, red ginseng, green tea and Daesang and Ottogi.

As the owner of the rocket, the Russian authorities will also test the feasibility and durability of the food package for Korean astronaut's. When you pass the test, the food packages that can be enjoyed by Ko San as he floated in space.

South Korean researchers seemed very interested to send a special food into space. In addition to its national pride, they want to know whether the food was decent to eat in different places of the Earth and how the right presentation to be consumed in a vacuum.

According to the Chosun Ilbo, special food preparation space is currently still requires expensive. However, this is a good study to determine whether specific foods for space in the end also can be enjoyed by consumers in the earth.


@By Renne R.A Kawilarang
Yahoo News
:) from my fb notes 06 februari 2010

Comments