Perayaan Hari Chuseok


Chuseok telah tiba..Chuseok adalah salah satu musim liburan kedua terbesar setelah Seollal atau Lunar New Year Day ( Semacam hari Imlek).
Chuseok adalah hari dimana masyarakat Korea bersyukur kepada nenek moyang atas panen yang melimpah namun bukan hanya itu , hal yang terpenting adalah Chuseok adalah hari dimana warga Korea mengucapkan terima kasih kepada Orang tua, Kakak,adik, teman , kerabat, tetangga.
Untuk tahun ini perayaan Chuseok lebih bermakna karena Ekonomi korea yang stabil dan hubungan antara Korea Utara yang penuh ketegangan menunjukkan tanda-tanda perbaikan.

Chuseok disebut juga Hangawi. Dalam nama tradisional Korea dapat dibagi ke Auhan, AU yang berarti besar dan Augawi, AU yang berarti pusat. Hangawi jatuh pada tanggal 15 Agustus dalam kalender Lunar. Musim gugur dalam sistem Lunar berada pada bulan Juli-Agustus dan musim panen jatuh pada rentang tiga bulan dan tanggal 15 jatuh pada pertengah bulan. Jadi hangawi secara harfiah berarti perayaan besar ditengah-tengah musim gugur.Orang Korea menyimbolkannya dengan liburan besar. Sunguh suatu tradisi yang indah dan mereka masih mempertahankannya hingga kini ditengah kemajuan Korea yang begitu pesat dan banyaknya perubahan dimasyarakat korea seperti meningkatnya keluarga inti yang terpisah satu sama lain akibat kesibukan masing-masing sehingga mereka sangat memanfaatkan hari Chuseok ini untuk berkumpul dengan keluarga walau hanya beberapa jam saja. Kayaknya sama dengan Indonesia ya...kalau Indonesia khan Mudik...hehehe.

Libur Chuseok tahun ini berlangsung dari tanggal 20-24 september 2010 tapi banyak yang merencanakan untuk libur selama 9 hari. Mungkin tanggung ya tanggal 25 khan sudah hari sabtu alias sudah weekend..

Selama Chuseok banyak acara dan kegiatan atau festival yang diadakan . Berikut ini beberapa acara yang akan diadakan.
-Tanggal 22 September Jam 11 siang akan ada 2 acara kebudayaan terbesar yang digelar di City Hall's Seoul Plaza
Disini Pengunjung dapat menikmati permainan perang-perangan dan mencoba membuat Gotgam (Kesemek kering).
Kemudian ada Charye yaitu demonstrasi dari ritual leluhur yang dilakukan oleh setiap keluarga yang merayakan chuseok.

Kalau di Cheonggyecheon Square.15 orang bisa bermain antara lain perang tarik menarik, permainan tradisonal Yunnori, jegichagi (shuttlecock), dan neolttwigi( liat-liatan/tatap-tatapan).


Demonstrasi makanan oleh ahlinya di Namsangol Hanok Village (Photo: Yonhap News)


Museum dan istana juga akan menggelar beberapa acara. Kalau Istana pastinya akan mengadakan keindahan budaya istana Korea. Seoul Museum History akan mengadakan fashion show dengan tema Upacara Pentakhtaan Raja King Jeongjo (1752-1800).
Istana Unhyeongung tanggal 22 September akan mengadakan fashion show kostum Dinasti Joseon.dan tanggal 25 september acara peragaan upacara pernikahan kerajaan
Ratu Min (1851-1895) .

Sementara di Namsangol Hanok Village, Seoul Zoo, atau di Seoul Flea Market, akan diadakan perayaan untuk masyarakat dimana orang bisa memainkan permainan rakyat tradisional seperti Tuho ( melempar panah) dan Yunnori.

Anak-anak bermain Yunnori di Namsangol Hanok Village (Photo: Yonhap News)


Sementara Museum Propinsi Gyeonggi pada tanggal 23 September akan menggelar acara permainan rakyat di taman Museum. Disini , pengunjung juga dapat mencoba membuat sendiri makanan tradisional Korea seperti kue beras dan menikmati ganggangsuwollae ( tarian lingkaran) atau bermain permainan rakyat tradisional. Nam June Paik Art Center juga akan buka selama hari libur Chuseok.

Taman Sungai Han akan menampilkan serangkaian konser antara lain klasik, jazz dan acappella jam 8malam di Yeouido, Gwangnaru and Seonyudo. sungai dan jembatan akan dihias terang benderang.



tteongme" (memukul nasi untuk membuat kue beras) di The Korean Folk Village, Yongin, Gyeonggi-do. (Photo: Yonhap News)


Lalu di Seoul Forest akan diadakan Seoul Drum Festival pada tanggal 4- 30 September.
Sebanyak 30 tim perkusi dari Afrika dan Eropa akan berada sepanggung dengan kelompok dari Korea yang akan menampilkan serangakaian pertunjukan yang dinamis.

Everland, salah satu taman hiburan di Korea akan menyelenggrakan budaya rakyat dari tanggal
18-24 September. kebun binatang Everland akan menampilkan tiga anak singa diiringi oleh nong-ak ( musik petani) dan pertunjukan seni bela diri tradisional. pengunjung juga dapat menikmati peragaan pernikahan tradisional.

Bagi yang sibuk, Bandara Internasinal Incheon telah mengatur satu zona tersendiri yakni program tradisional di Gate 27. disini pengunjung dapat mencoba permainan populer orang korea seperti jegichagi dan tuho. Yang beruntung akan mendapat kue beras setengah bulan atau kerajinan tradisional. Bandara Internasional ini juga akan menjadi tuan rumah pertunjukan musik tradisional Korea. Disini juga didirikan studio foto dimana pengunjung dapat berfoto dengan memakai pakaian tradisional Korea (Hanbok)





.http://www.korea.net/news.
.http://world.kbs.co.kr/english/news
.http://www.korea.net/detail.do?guid=50007
.Yonhap News
.Yoon Sojung
.Korea.net Staff Writer

Comments