“Desa Hahoe dan Yangdong Yang Ditetapkan Sebagai Warisan Budaya Dunia Oleh UNESCO”






































Tanggal 1 Agustus lalu, Komite Warisan Budaya, WHC ke-34 yang dibuka di Brazil menetapkan desa Hahoe dari kota Andong dan desa Yangdong di kota Gyeongju sebagai warisan budaya dunia oleh UNESCO dengan nama 'Desa Sejarah Korea - Yangdong dan Hahoe'. Dengan demikian, dua buah desa tersebut menjadi desa sejarah dunia ke-6, dan juga dapat mengatakan budaya konfusianisme tradisional Korea mendapat pengakuan dunia.

Menurut laporan UNESCO, dua buah desa itu memiliki nilai yang cukup tinggi sebagai warisan budaya dunia karena memiliki gaya arsitektur dan gaya hidup tersendiri berdasarkan pada tradisi konfusianisme dan fengsui. Selain itu, tradisi di sana dipelihara dengan utuh, sehingga tidak bermasalah apapun dalam penetapan sebagai warisan budaya dunia. Dengan demikian, Korea memiliki warisan budaya dunia ke-10 termasuk kuburan raja dinasti Chosun.

Di desa Hahoe dari kota Andong dan desa Yangdong dari kota Gyeongju kita akan menemukan kehidupan orang Korea dan tradisi selama 600 tahun yang dimiliki dua buah desa itu.





http://world.kbs.co.kr/indonesian/event/chuseok_2010/