Joseon martial arts come alive through Muye 24-ki


Demonstrasi seni bela diri tradisional Korea "Muye 24-ki" akan berlangsung selama beberapa hari dalam minggu ini di Hwaseong Haenggung Palace , Suwon hingga December.

"Muye 24-ki" adalah seni militer terdiri dari 24 keterampilan.
Ini dicatat dalam “Muyedobotongji,”
Ilustrasi manual seni bela diri Korea yang komprehensif yang ditulis pada tahun 1790 dan diterbitkan oleh tentara Joseon. Anggota baru kekuatan militer saat itu harus melewati ujian yang mencakup uji keterampilan Muye mereka.

"Muye 24-ki" mempunyai nilai historis yang besar, karena menggabungkan aspek bela diri tradisional dari Korea, Jepang dan Cina. Setelah perang Imjin yang dahsyat, Korea mengadopsi aspek seni bela diri dari Jepang dan Cina untuk meningkatkan kemampuan militer Korea.
Selama 200 tahun ini seni bela diri ini terus dikembangkan dan disempurnakan mencakup beberapa kekuatan berbeda dari seni bela diri Asia.

Suwon Haenggung Palace (Photo: the Society for the Preservation of Muye 24-ki

Demonstrasi ini menampilkan 13 dari 18 keterampilan yang ada. 6 lainnya adalah keterampilan berkuda. pertunjukan ini sering ditampilkan di Istana Hwaseong, Suwon.

Penampilan demonstrasi ini sangat populer di kalangan wisatawan asing. Seorang pejabat dari Masyarakat Pelestarian Muye 24-ki berkata, banyak wisatawan mancanegara mengunjungi tempat ini dan mereka sagat kagum pada gerakan-gerakan dinamis yang ditampilkan dan mereka sangat terkejut ketika mengetahui fakta bahwa senjata-senjata yang digunakan dalam penampilan pertunjukan adalah benar-benar senjata yang nyata. Setelah pertunjukan pengunjung dapat menyentuh senjata-senjata itu dan belajar beberapa gerakan dari para pemain yang terampil.


Suwon Haenggung Palace (Photo: the Society for the Preservation of Muye 24-ki)


Sebanyak lebih dari 500 orang mengunjungi istana untuk melihat pertunjukan pada hari sabtu dan minggu.
Muye 24-ki saat ini sedang diajarkan di Seoul dan Suwon. Ada kelas yang diadakan dari hari Selasa sampai Jum'at jam 06.30 di tempat latihan di Istana Haenggung, Hwaseong.
Dan hari Senin sampai Jum'at jam 08.30 di Joseongum Institute di Suwon.
Pada hari Sabtu dan Minggu kelas diadakan di Sajik Park dan Sayuksin Park.
Dan semua kelas pelatihan yang diadakan ini adalah gratis . Jadi yang mau belajar Muye 24-ki silahkan datang di kelas yang diinginkan.


Heather Young berlatih Muye 24-ki memakai kostum tentara jaman Joseon-(Photo: the Society for the Preservation of Muye 24-ki)


Heather Young warga Kanada yang menetap di Suwon sudah 5 tahun belajar Muye 24-ki sejak pertama kali melihat pertunjukannya. "Saya melatih pikiran dan tubuh melalui Muye 24-ki, serta belajar tentang sejarah Korea. Saya berharap lebih banyak lagi orang yang tertarik belajar pada seni bela diri Korea seperti Muye 24-ki karena saya berpikir bahwa ini salah satu cara untuk melindungi sejarah Korea." katanya.

Acara demonstrasi pertunjukan Muye 24-ki ini berlangsung selama 30 menit dimulai setiap pukul 11 pagi dari hari Selasa sampai Minggu.

Untuk keterangan lebih lanjut silahkan kunjungi
visit http://www.muye24ki.or.kr, http://www.muye24ki.com, or call at 031-257-3157.
Siapa tahu ada yang mau ke Korea dan nonton ya..





Source Jessica Seoyoung Choi
Korea.net Staff Writer

Comments