Sineas Korea menyapu Asian Film Awards

Dari Kiri Aktor Ha Jeong-woo, pemenang Aktor terbaik , Yoon Yeo-jeong, pemenang Aktris Pendukung Terbaik dan Sutradara Lee Chang-dong, pemenang Sutradara Terbaik berpose dengan piala mereka diAsian Film Awards  Hong Kong,

Sineas-sineas Korea Selatan bersinar di Asian Film Awards hari senin lalu. Mereka meraih Sutradara terbaik, Skenario terbaik, Aktor terbaik, Aktris pendukung terbaik, dan Best Editing.
Asian Film Award ke 5 ini diselenggarakan bersama Hong Kong International Film Festival, menampilkan persaingan yang ketat antara beberapa sineas Asia yang paling terkenal dan acara Red Carpet sangat indah dan meriah dengan kehadiran bintang-bintang top. Naamun banyak juga yang absen demi menghormati bencana gempa dan tsunami di Jepang namun tidak mengurangi antusias mereka.

Suasana perayaan semakin memuncak dengan hadirnya film-film korea yang menunjukkan keunggulannya yang terus tumbuh dalam industri film internasional. 8 film korea memenangkan 17 nominasi di 14 kategori. Selain 5 penghargaan diatas, 2 diantaranya adalah judul non kompetitif yang jatuh ke talenta berbakat korea.


Lee Chang dong memenangkan sebagai Sutradara terbaik dan Skenario terbaik. Ia pernah menang di  Best Screenplay prize tahun 2010 di Cannes Film Festival dalam film "Poetry". Park Hoon-jeong-I juga dinominasikan untuk Hong Kong event's Best Screenplay prize dalam drama kriminal  "The Unjust".

Ha Jeong woo memenangkan Aktor terbaik untuk perannya dalam thriller korea , "The Yellow Sea".
Film The Yellow Sea dinominasikan untuk 4 penghargaan, yakni Sutradara terbaik, Desain produksi dan Musik.
Yoon Yeo-jeong yang membintangi  "The Housemaid - 2010" memenangkan Artis pendukung terbaik.
The Housemaid juga mendapat nominasi dalam kostum terbaik.
Sementara itu Kim Dong Ho, mantan direktur Busan International Film Festival (sebelumnya PIFF), mendapat kehormatan atas kontribusinya pada perfilman  Asia. Tiga orang dari Direksi kehormatan yakni Lee, Jia Zhangke dari China  dan dari Philipina Brillante Mendoza,- Best Director di Cannes  2009- mempersembahkan pilala emas kepada Kim Dong Ho.

Lifetime achievement diberikan kepada Raymond Chow dari HongKong yang terkenal memproduksi film-film Bruce lee dan Jackie Chan.

Nam  Na-yeong menerima piala untuk  Best Editing garapan sutradara Kim Ji-woon's "I Saw the Devil".
Thriller psikopat ini juga meraih nominasi  dalam Best Cinematography.

Film  "71-Into the Fire"dan  crime drama "The Man From Nowhere", berasing merebut Best Visual Effects Award.
Penyanyi K-pop dan aktor  Choi Seung-hyeon (a.k.a. Big Bang's TOP), dinominasikan sebagai  Best Newcomer.
Dalam acara ini Han Geng salah satu anggota boyband Super Junior menyanyikan sebuah lagu dan bertugas menyerahkan piala.
Han saat ini sedang dalam produksi bersama Cina Amerika berjudul " My Kingdom" bersama Sammo Hung.
Sammo Hung dalam acara ini memenangkang kategori Aktor pendukung terbaik mengalahkan Ryoo Seung-beom ("The Unjust") dan Yu Hae-jin ("Moss") dari Korea.

Acara ini dihadiri oleh bintang-bintang besar Asia  khususnya China seperti Aktris s Zhang Ziyi, Aktor Tony Leungbersama istrinya Carina Lau. Sutradara Feng Xiaogangyang juga hadir bersama istrinya aktris  Fan Xu.

 Related Movies:
The Yellow Sea
(황해 - 2010

The Unjust
(부당거래 - 2010

I Saw the Devil
(악마를 보았다 - 2010

The Man From Nowhere
(아저씨 - 2010)

Moss
(이끼 - 2010

71-Into the Fire
(포화 속으로 - 2009

Poetry
(시 - 2009)

The Housemaid - 2010
(하녀 - 2010)
 



Source : www.koreatimes.co.kr/...

Comments