Won Bin Tokoh Penyelamat Dari Kegelapan

Aktor tampan asal Korea, Won Bin telah telah mematenkan namanya sebagai ajushi nasional (ajushi: figur layaknya seorang paman) dengan film THE MAN FROM NOWHERE (2010). Selain itu dalam sebuah perilisan yang teatrikal untuk film VANISHING ON 7th STREET, majalah CINE 21 membuat sebuah polling di mana mereka meminta penggemar untuk voting siapa bintang yang hampir selalu menyelamatkan dari kegelapan dan mara bahaya.
Seperti dilansir soompi.com, Won Bin pun menempati posisi pertama dengan 65.9% suara. Mungkin imej Won Bin dalam film THE MAN FROM NOWHERE banyak mempengaruhi poling ini. Dalam film ini, Won Bin yang memerankan tokoh luar biasa yang hidup dalam sebuah isolasi dan memutuskan ke luar dari kungkungan untuk menyelamatkan seorang gadis yang tengah diculik, meraih posisi tertinggi.
Selain Won Bin, Jan Hyuk yang menyelamatkan cinta pertamanya, Un Nyun (Lee Da Hae) di film CHUNO, Hyun Bin yang bakal melakukan apapun demi cintanya, Gil La Im (Ha Ji Won) dalam SECRET GARDEN (2010), dan Chun Jung Myun yang muncul layaknya Robin Hood dalam film MATE (2011), masing-masing menempati posisi kedua (20.5%), ketiga (10.1%), dan keempat dengan (3.5%).
Bercerita tentang kegelapan yang menyelimuti kota Detroit, dan keanehan yang terjadi di kota tersebut, film VANISHING ON 7th STREET ini sendiri bakal rilis di Korea pada tanggal 31 Maret 2011. 'The Vanishing Effect' bakal menjadi inti di mana banyak orang lenyap tanpa jejak. Fenomena lenyap seperti ini pernah terjadi pada tahun 1930 terhadap orang Eskimo Kanada yang berada di wilayah pegunungan Rocky, 1940 dalam hancurnya kapal di laut Virginia, 1945 terjadi pada pesawat yang melintasi Potu Alegre dan pada 1954 terjadi di kapal laut angkatan bersenjata Amerika. 


PROFIL WON BIN

Kim Do-Jin
Laki-Laki
Jeongseon, 10 November 1977


Won Bin dikenal publik Korea Selatan sebagai Kim Do-Jin. Namun nama Won Bin sendiri sudah sangat tenar sebagai aktor dan model Korea di seluruh Asia Timur dan Tenggara.

Won Bin dilahirkan dan dibesarkan di selatan Jeongseon di Gangwon-do, Korea Selatan pada 10 November 1977. Dia adalah bungsu dari lima orang bersaudara, yang terdiri atas satu kakak laki-laki dan tiga kakak perembuan. Ayahnya dulu bekerja di tambang dan ibunya di sawah. Seperti anak-anak lain yang tinggal di pegunungan, Won Bin banyak menghabiskan waktu untuk bermain di gunung dan sungai dan kembali ke rumah ketika petang dengan tubuh yang belepotan. Won Bin dikenal sebagai bocah yang pendiam dan pemalu. Karakter ini tidak banyak berubah sampai dirinya dewasa.

Won Bin sendiri berbakat dan berprestasi di bidang olahraga, bahkan sempat menekuni Taekwondo sampai sabuk hitam. Namun di masa remaja, dia beralih ke mekanik dan otomotif sesuai dengan kegemarannya pada balapan motor. Bahkan dia sempat bersekolah di sekolah mekanik untuk belajar mekanik mobil dan perbaikan mobil.

KARIR

Karirnya di bidang entertain dimulai ketika pada November 1995 dirinya terpilih sebagai aktor baru untuk sebuah TV kabel. Pada saat itu dirinya masih menjalani semester terakhir di SMA. Namun, karena kelas akting yang dijalaninya pada TV kabel tersebut, dia mulai mendapatkan peran di beberapa drama serial. Pada akhir tahun yang sama, dia sudah menandatangani kontrak untuk sebuah agen bakat dan melanjutkan kelas aktingnya dengan agen bakat ini.

Debutnya dimulai pada 1997 dengan membintangi sebuah drama berjudul PROPOSE dilanjutkan dengan READY GO! pada 1998. Setelahnya, dia berhenti berakting dan bersekolah dai Paekche Institute of the Arts untuk mendalami akting. Selulusnya, dia kembali pada serial KWANGKI sebagai aktor yang berbakat dan menjadi pujaan hati banyak remaja.

Namun, namanya mulai diperhitungkan sebagai deretan aktris besar Korea sejak bermain dalam KKOJI dan AUTUMN FAIRY TALE pada tahun 2000. Pada 2002, Won Bin menjadi aktor Korea pertama yang membintangi produksi gabungan Korea dan Jepang yang sangat terkenal, FRIENDS.

Beberapa peran penting dalam film juga sempat disabetnya, seperti GUNS & TALKS dan MY BROTHER. Namun, film yang membawa namanya ke dunia internasional adalah TAEGUKGI (atau TAEGUKGI: THE BROTHERHOOD OF WAR) pada tahun 2004.

Karirnya sempat terhambat di tahun 2005 karena Wajib Militer Korea. Dari wajib militer ini, Won Bin sempat menderita luka yang menyebabkannya harus menjalani terapi selama 1 tahun.

Won Bin juga menjadi duta UNICEF untuk Korea pada 6 September 2007, dan menjalankan beberapa program untuk UNICEF.

Tahun 2008, Won Bin menyatakan bahwa dirinya kembali dengan membintangi MOTHER. Film ini ditandingkan dalam Cannes Film Festival 2009, dan Won Bin sempat mendapat kehormatan untuk berjalan di atas karpet merah untuk acara ini.

Film terbarunya yang berjudul THIS MAN akan dirilis pada Agustus 2010.

FILMOGRAFI

Films

* 2001: Guns & Talks
* 2004: Taegukgi (aka: Taegukgi: The Brotherhood of War)
* 2004: My Brother
* 2009: Mother
* 2010: The Man From Nowhere

TV Drama

* 1997: Propose
* 1998: Ready, Go!
* 1999: Kwangki
* 2000: Small Station
* 2000: Kkokji
* 2000: Autumn in My Heart (aka: Autumn Fairy Tale)
* 2002: Friends

PENGHARGAAN DAN NOMINASI

Penghargaan

* 1999: KBS Drama Acting Awards - Best Newcomer untuk Kwangki
* 2000: KBS Drama Acting Awards - Excellence in Acting untuk Kkokji and Autumn in My Heart
* 2001: 37th PaekSang Arts Awards - Best Newcomer untuk Kkokji and Autumn in My Heart
* 2002: BVLGARI Brilliant Dreams Award (Japan)[10]
* 2004: 12th Chunsa Film Art Awards - Best New Actor untuk Taegukgi
* 2004: 27th Golden Cinema Festival - Best Newcomer untuk Taegukgi

Nominasi

* 2004: 3rd Korean Film Awards - nominated Best Actor untuk My Brother
* 2010: 46th PaekSang Arts Awards - nominated Best Actor untuk Mother


Source : Kpn Lg/allkpop/berbagai sumber

Comments