Sumur Goran (Goranjeong)


Sumur yang terletak di belakang kuil Goran terkenal dengan suka diminum airnya oleh seorang raja pada jaman kerajaan Baekjae. Raja tersebut khawatir akan dayang-dayang membawa airnya dari sumur lain, sehingga selalu memerintahkan untuk membawa air beserta tumbuhan Gorancho yang hanya tumbuh di sekitar sumur tersebut. Demikianlah air dari sumur itu sangat terkenal dengan khasiat khusus. 


Ada sepasang suami-istri yang sudah tua, tetapi mereka belum mempunyai anak.
Suatu hari, Seorang peramal menyampaikan cerita sumur kepada suami-istri tua itu bahwa jika minum secangkir air dari sumur Goranjeong dapat menjadi muda 3 tahun. Peramal itu berpikir, jika mereka menjadi muda lagi mungkin dapat mempunyai anak, karena sekarang suami istri itu terlalu tua. 


Sehingga nenek itu membiarkan suaminya untuk minum air sumur ajaib itu. Akan tetapi, suami yang serakah meminum airnya dengan terlalu banyak, jadi akhirnya menjadi bayi kembali.
Nenek yang menunggu-nunggu suami pergi mencari suaminya. Jika tiba di dekat sumur, nenek itu ketemu seorang bayi yang sedang menangis dengan memakai pakaian suaminya . 


Ternyata nenek itu tidak menyampaikan kata dari peramal yaitu jika minum 'secangkir' air menjadi muda 3 tahun. Suami yang tidak tahu cerita itu minum dengan semaunya untuk menjadi sangat muda, tetapi akhirnya malah menjadi seorang bayi. 


Nenek yang menyadari kesalahan sendiri, mencoba menggendong suami yang telah berubah bayi dan membesarkan anaknya. Kemudian anak itu besar dengan baik, sampai-sampai menjabat posisi tertinggi di kerajaan Baekjae.

Kisah tersebut diceritakan dengan versi lain juga.

Ada suami istri yang tua baik hati sekali, namun belum mempunyai anak. Suatu hari kakek itu ketemu seekor burung yang tertangkap dalam semak berduri dalam hutan, maka menyelamatkan burung kasihan itu. Waktu turun dari hutan, kakek itu kehausan. Pas saat itu, burung tadi mengajak kakek baik hati ke tempat sumur. 


Ternyata sumur itu sumur ajaib yang dapat menjadi muda. Kakek yang berubah pemuda kembali, kasih tahu kepada istrinya dan istrinya pun menjadi muda lagi. Akan tetapi seorang kakek yang jahat membohongi bahwa dia kena luka gara-gara suami-istri baik hati itu dan meminta posisi sumur ajaib itu sebagai ganti rugi. 

Namun kakek jahat itu meminum airnya dengan berlebihan, sehingga berubah dengan bayi. Pada kemudian hari, bayi itu ditemukan suami istri baik hati itu dan pasangan yang belum mempunyai anak membesarkan bayi itu sebagi anak mereka dan hidup bahagia!
Informasi Wisata

Sumur yang diceritakan dalam legenda kali ini masih ada di kota Buyeo. Jih anaik gunung Buso mulai dari tempat parkih 'Busosanseong' anda dapat ketemu kuii Goran atau Goransa. Sekarang juga banyak orang yang da caya Jih sumur di Goransa mempunyai khasiat khusus dan orang-orang sering membawa Jihnya ke rumah dalam botol.

KOrean Legenda /.KBSW/IniSajaMo