Gelombang Korea mengguncang Korea Utara


Kita pasti tahu kalau Gelombang Korea telah menyapu dunia dari Asia Tenggara ke Eropa dan selanjutnya ke Amerika Selatan. Tapi  ternyata gelombang Korea juga telah merambah negara yang menjadi seteru Korea selatan yaitu Korea Utara dan kita pikir itu tak mungkin karena kita tahu situasi negara tersebut yang sangat tertutup. Sebagai contoh , penggunan handpone di Korea Utara sangat dilarang tapi ternyata Gelombang Korea alias Halyu Wave ini mampu menembus masuk ke Korea Utara.
Film thriller Korea Selatan thriller seperti  Iris dan Athena sangat populer di sana", kata Radio Free Korea Utara. "Gaya rambut aktris Song Hye-kyo dari Drama Seri ," All In ", menjadi trend mode mode di Pyongyang, walaupun pihak berwenang Korea Utara memperkuat regulasi", kata Daily NK.
Jadi bagaimana bisa mereka sangat mengenal dan menggemari hiburan dari Korea Selatan?
Berita dari Korea Utara yang memberikan laporan tentang gelombang Korea Selatan di Utara didapat  melalui sumber-sumber dari negara tertutup itu.
Kang Dong-wan, profesor hubungan internasional di Universitas Donga di Busan dan profesor Park Joung-run dari Institut untuk Studi Perdamaian dan Unifikasi berafiliasi dengan Seoul National University, telah menerbitkan sebuah buku,
"Korean Wave, Shaking Up North Korea".. Buku itu mengatakan, "Korea Utara mengagumi warga Korea Selatan dengan ilusi kehidupan itu".
Menurut buku tersebut, media visual Korea Selatan  sedang didistribusikan tidak hanya untuk provinsi perbatasan Utara Hamgyeong, tetapi juga untuk sembilan provinsi lain di selatan termasuk Pyongyang dan Provinsi Hwanghae Selatan.
Buku ini didasarkan pada penelitian dengan wawancara mendalam dari 33 pembelot dari sembilan provinsi di Korea Utara. Hasil penelitian menekankan bahwa berbicara tentang gelombang Korea tidak berlebihan. Ternyata 50 persen dari pembelot media Korea Selatan menikmati visual yang lebih dari sekali seminggu sebelum mereka melarikan diri ke Selatan.
Sebelum film Korea Selatan dan drama seri menjadi populer, acara hiburan lainnya telah lebih dahulu mereka sukai. Harian NK/
Daily NK, salah satu koran spesial di Korea Utara, Maret lalu melaporkan bahwa "Dua host TVpopuler  Korea Selatan, Kang Ho-dong dan Yoo Jae-seok, juga terkenal di Utara". Ia juga mengatakan bahwa keduanya akan menjadi ' 'MCs of the Korean Peninsula'. DVD program hiburan, seperti "Two Days and One Night" and "X-man" yang dibawakan oleh Kang dan "Infinity Challenge" oleh Yoo,terjual dengan baik.
Adalah para pelaut yang memainkan peran penting dalam menyebarkan Korean Wave ini untuk masyarakat komunis disana. Buku ini mengatakan bahwa pada pertengahan tahun 1990, adalah periode terburuk karena adanya kesulitan ekonomi, para pelaut Korea utara  sering menyeberangi perbatasan ke kota-kota Cina untuk mendapatkan makanan. Selama kunjungan mereka, mereka dapat memperoleh DVD dan CD dari Selatan.
Buku itu mengatakan bahwa penjualan DVD Korea Selatan membuat keuntungan yang baik. Hal ini telah mendorong anggota partai Buruh Korea Utara untuk masuk ke dalam bisnis ini, juga membantu gelombang Korea menjadi umum di Utara.
"Korea Selatan merupakan jendela  media visual  untuk membuat Korea Utara melihat dunia luar ", kata profesor Kang.


Jadi bisa dibayangkan bukan, bagaimana hebatnya gelombang korea ini menyapu negara-negara didunia, sekalipun itu negara seperti Korea Utara.




Source : www.koreatimes.co.kr/... ( English Korean ) InaTrans: IniSajaMo

Comments