Komponis Lagu Kebangsaan Korea, Ahn Ik-tae


Hari Dimana 'Simfoni Fantasi Korea' Berkumandang
Penggubah atau komponis merangkap konduktor, Ahn Ik-tae yang mendapat undangan dari orkes radio Irlandia tampil di atas panggung di gedung teater Gaeity (게이어티) pada tanggal 20 Februari 1938. Di sana, dia menampilkan sebuah karya berjudul 'Simfoni Fantasi Korea' yang berisi bahwa Korea kehilangan negara akibat invasi dari luar negeri, namun akhirnya mereka merdeka lewat perjuangan.

Walaupun karya itu dibuka untuk pertama kali, namun Ahn Ik-tae mahir memimpin orkes tanpa membaca not musik, sehingga para penonton sangat terharu berkat kemampuan memimpin orkes dari Ahin Ik-tae dan irama musik tersebut. Sejak hari itu, Ahn Ik-tae selalu menampilakn 'Simfoni Fantasi Korea' di mana dia memimpin orkes sampai tahun 1945 ketika Korea berhasil meraih kemerdekaannya. Nah, walaupun tanah airnya dijajah oleh Jepang, namun lagu kebangsaan Korea lebih dulu berkumandang di dunia.


Orang Genius Musik, Maju Ke Dunia
Ahn Ik-tae lahir di Pyeongyang pada tanggal 5 Desember 1906 dan dapat menikmati musik sejak masih kecil. Khususnya, sebuah viola yang dibawa oleh abangnya dari Jepang membuat arah hidup Ahn Ik-tae berubah sebagai musisi. Sejak masih kecil, Ahn Ik-tae menunjukkan bakat luar biasa dari segi musik dan melakukan kegiatannya sebagai anggota orkes saat dia bersekolah di bangku SMP. Namun, setelah dia ikut serta dalam gerakan perjuangan kemerdekaan 1 Maret 1919, dia dipecat. Oleh karena itu, dia terpaksa pergi ke Jepang dan di sana, dia belajar musik di sekolah khusus musik nasional Jepang. Pada tahun 1930, dia pergi ke AS untuk belajar musik Celo dan komposisi. Pada waktu itu, dia mempunyai pengalaman yang tidak dapat terlupakan dalam hidupnya saat sebuah acara musik diadakan di gereja kecil di San Francisco, AS.

Menggubah Lagu Kebangsaan Korea 'Aegukga' Saat Belajar Di AS
Di acara musik itu, bangsa Korea yang memiliki rasa rindu terhadap tanah airnya melantunkan lagu rakyat Scotlandia berjudul 'Auld Lang Syne' sambil menyaksikan bendera nasional Korea 'Taegeukgi'. Ahn Ik-tae yang merasa sayang dan simpati terhadap penampilan mereka memutuskan untuk menggubah lagu kebangsaan Korea dan menyempurnakan bagian pertama pada tahun 1935.

Walaupun dia belajar cara memimpin orkes di bawah maestro Felix Weingartner (펠릭스 바인가르트)), dia tidak melupakan untuk menggubah lagu kebangsaan Korea. Akhirnya dia menyempurnakan karya 'Simfoni Fantasi Korea' yang memiliki 3 bagian dan bagian ketiga 'Aegukga' ditetapkan sebagai lagu kebangsaan Korea pada tahun 1948 saat pemerintah Korea didirikan secara resmi. Namun, bagian keempat dari 'Simfoni Fantasi Korea' ditambah setelah Perang Korea pada tahun 1958, dan Ahn Ik-tae terus berupaya untuk memperkenalkan Korea kepada masyarakat dunia dengan melantunkan lagu itu lewat paduan suara dalam bahasa Korea setiap saat dia mengadakan pementasan di luar negeri.


Pelopor Yang Memperkenalkan Musik Korea Ke Dunia
Selain penggubah musik atau komponis lagu kebangsaan Korea, Ahn Ik-tae mengibarkan namanya sebagai konduktor unggul dengan memimpin 200 kelompok orkes di Eropa dan AS. Dia meninggal dunia di Barcelona, Spanyol pada tanggal 16 September 1965, namun, lagu kebangsaan yang dia ciptakan tetap menghanyutkan hati bangsa Korea sebagai wahana untuk menyatukan bangsa Korea.



*
Korean History KBS
IniSajaMo

Comments