Seoul National University Memproses Inkorporasi


Para mahasiswa Seoul National University memblokir pintu kantor rektor karena menentang rencana pihak universitas yang akan menghendaki dijadikan suatu badan hukum atau inkorporasi. Pihak Seoul National University pun tegang menghadapi para mahasiswa dan sebagian karyawan. Konflik di antara kedua pihak tersebut diperkirakan berpengaruh pada univeristas negeri lain yang berencana menjadi independen pula.

Demonstrasi di depan Kantor Rektor
Isu inkorporasi Seoul National University bukanlah suatu persoalan yang baru muncul. Belakangan ini, hukum yang berkaitan dengan hal tersebut telah disahkan oleh parlemen sehingga hal ini kembali mendapat sorotan, padahal prosesnya sudah mulai berjalan.

Inkorporasi Seoul National University
Proses inkorporasi berarti nama ‘Seoul National University’ akan berubah menjadi ‘Badan Inkorporasi Universitas Negeri Seoul’ pada tahun 2012. Manajemen universitas mengharapkan bahwa pihaknya ingin mengelola universitas secara mandiri, merencanakan anggaran, mengatur SDM serta dapat berbisnis secara aktif sehingga dapat memiliki SDM yang lebih berkualitas. Namun demikian, pihak mahasiswa dan sebagian karyawan universitas tersebut menentang klaim tersebut karena merasa khawatir bahwa universitas hanya lebih berfokus pada bisnis daripada memperkuat fondasi ilmu-ilmu dasar, dan juga kemungkinan dapat terjadi ketidakstabilan penempatan tenaga kerja dan biaya kuliah juga akan semakin membengkak.

Dampak Proses Inkorporasi Seoul National University
Dapat dinyatakan bahwa dampak persoalan ini sangatlah besar sehingga universitas-universitas negeri antara lain Busan National University, Kyungpook National University, Incheon National University dan Chonnam National University ikut pula dalam proses inkorporasi. Universitas-universitas itu pun tidak terlepas dari konflik di antara pihak univeritas, profesor dan mahasiswa seperti halnya di Seoul National University. Ada pun pihak lawan yang bermunculan secara besar-besaran seluruh negeri sehingga dijalankan langkah-langkah untuk membuat kumpulan anggota dari universitas negeri dengan tujuan menentang proses inkorporasi universitas negeri.


Source KBS News @ IniSajaMo

Comments