Gwanmedo, pulau dimana terdapat peninggalan dari Tuhan


Pulau tersebut adalah Jindo di provinsi Jeolla Selatan dan pulau yang ke-3 terbesar di Korea. Di sekitar kota atau pulau Jindo ini, ada juga pulau-pulau kecil.  Yang ingin saya ceritakan pada hari ini adalah Gwanmedo, salah satu pulau kecil di sekitar Jindo.

Tuhan di surga mempunyai 2 putra. Kedua putra ini sangat menyukai dunia masyarakat yang tinggal di darat, sehingga mereka sering bermain-main di tanah masyarakat biasa.
Suatu hari, 2 putra bermain-main dengan membawa batu yang sang tuhan menyukainya di pulau Gwanmedo. Mereka bermain bola bekel dengan batu kesukaan tuhan sampai larut malam. Tuhan yang khawatir dua putra dan batu kesukaannya menyuruh bawahan untuk menjemput mereka.
Satu bawahan turun ke tanah dan pas saat membawa batu itu, tiba-tiba terdengar musik yang indah sekali di pulau Gwanmedo hingga bawahan tuhan yang terpikat hati pada musik itu tidak ingin ke surga lagi dan menetap disana begitu saja.
Sehingga sang tuhan menyuruh lagi dua orang bawahan lain untuk membawanya batu itu, tapi kedua bawahan itu juga sama halnya seperti bawahan yang terlebih dahulu. Mereka juga terpikat hati pada musik yang terdengar di pulau Gwanmedo yang indah, hingga tidak pulang ke surga lagi.
Dengan kejadian tersebut, sang tuhan marah, hingga menjadikan tempat dua putra bermain permainan bekel dengan kuburan batu, dan diatas kuburan batu itu, batu bekel itu tidak bergerak lagi dan berada sampai saat sekarang. Lucunya adalah di batu itu benar-benar ada tanda dipegang seperti halnya sang tuhan memegangnya dengan keras. Akan tetapi pendengar, kita tidak boleh mencoba memegang, karena ukuran batu bekel punya tuhan itu terlalu besar..

Selain tempat kuburan batu itu, ada juga tempat dimana bidadari-bidadari di surga sering bermain. Diantaranya ada sebuah jembatan yang disebut ‘Haneul Dari’ yang berarti ‘Jembatan Langit’. Katanya bidadari-bidadari bermain di pulau itu dan waktu pulang ke surga melewati jembatan tersebut. Kemudian di bagian barat di pulau itu, ada spot air yang diceritakan bidadari-bidadari sering mandi disana hingga dipercayai bahwa jika mandi dengan air di tempat ini, penyakit di kulit bisa sembuh.

Infromasi Wisata

Pualu Gwanmedo itu pernah juga diperkenalkan di sebuah acara terkenal KBS ‘1 Malam 2 Hari’, karena pemandangannya sangat indah. Walaupun pulaunya sangat kecil disana, banyak spot yang patut diperhatikan hingga dijuluki sebagai ‘Gwanme Pal Gyeong’ yang berarti ‘8 pemandangan terindah di Gwanme’.
Setelah tiba di kota Jindo dengan bus, di terminal kita bisa menemukan bus ke pelabuhan Pengmokhang. Dari pelabuhan Pengmokhang itu, kita dapat langsung ke pulau Gwanmedo.



IniSajaMo 

Comments