Jinyangjo (진양조)


Dalam lagu yang berirama lambat terkandung kesedihan dalam kehidupan. Apabila kesedihan itu diungkapkan satu persatu dalam matra, akhirnya orang-orang dapat menyanyikan lagu riang-gembira.

Pada umumnya, musik tradisional Korea dimulai dengan lambat dan makin lama makin menjadi cepat. Sebuah musik yang suka dimainkan oleh bangsawan Korea bernama Yeongsanghoesang. Musik ini merupakan kumpulan 9 musik dan dimulai dengan Sangryeongsang yang sangat lambat dengan 20 birama dalam 1 matra, lalu selesai dengan musik militer yang cepat dan gagah. Dalam lagu-lagu rakyat Korea, ada pola 'Jajin' panjang yang terdiri atas lagu lambat dan cepat seperti Baetnorae-Jajin Baetnorae. Salah satu musik utama yang dimainkan seperti itu adalah 'Sanjo'.

Kira-kira 100 tahun yang lalu, Sanjo dibuat untuk pertama kalinya dan musik ini dimainkan secara langsung sesuai dengan satu jenis instrumen perkusi seperti Janggu atau Buk. Biasanya, Sanjo dimulai dari matra lambat, 'Jinyangjo' kemudian mengganti matranya dengan urutan, Jungmori, Jungjungmori dan Jajinmori.



IniSajaMo

Comments