Jurang Baemsagol


Di Korea ada beberapa gunung yang terkenal indah. Diantaranya gunung Baekdu dan Geumgang di Korea Utara, dan gunung Halla, Seorak, Jiri di Korea Selatan.  Salah satu cerita yang disampaikan di gunung Jiri atau Jirisan yang terletak di provinsi Jeolla.
Di gunung Jiri, ada jurang yang disebut Baemsagol yang berjarak 14 km. Jurang itu terkenal sangat indah dan air disana bersih dan sejuk pada musim panaspun. Arti kata Baem dari Baemsagol itu adalah ular. Asal usul nama Baemsagol ada beberapa macam. Ada yang menyebut, disana banyak ular karena tumbuh-tumbuhan liar yang sehat banyak tumbuh, atau disana pernah ada kuil bernama Baeamsa dll. Namun demikian, cerita yang paling terkenal adalah sebagai berikut.

Sekitar 1300 tahun yang lalu, pas di tempat kantor administrasi taman nasional gunung Jiri sekarang, ada sebuah kuil yang bernama Songrimsa. Di kuil itu ada satu tradisi bahwa jika berdoa di batu yang disebut Sinseon-bawi pada tengah malam saat bulan purnama bulan Juli bisa sampai ke surga langsung. Sehingga setiap tahun biksu-biksu muda pergi berdoa kesana dan merekapun tidak kembali lagi ke kuil. Orang berpikir mereka benar-benar sampai ke surga.

Akan tetapi seorang biksu tua menganggap hal itu bukan biasa. Jikalau rasa bakti terhadap Budha mereka sangat mendalam, tidak mungkin sampai ke surga dalam doa semalam saja. Jadi biksu tua itu melaporkan hal itu kepada sang raja. Sang raja juga menganggapnya dengan aneh, jadi memberikan sehelai baju yang dicat racun.
Biksu tua yang mendapat baju itu memberikan bajunya kepada biksu muda yang ingin berdoa ke sana lagi pada malam tersebut, dan dengan diam-diam memasang benang yang panjang di baju itu.
Setelah malam itu berlalu, biksu tua coba mencari biksu muda yang pergi semalam dengan mengikuti benang yang sudah terpasang. Disana ternyata seekor ular raksasa mati dengan memakan biksu muda yang pakai baju racun di samping jurang. Kemudian hari, jurang itu disebut Baemsagol yang berarti jurang dimana ular mati itu terdapat.

Infromasi Wisata

Jurang Baemsagol yang terkenal dengan alam yang indah, dan air bersih sejuk bagus mulai dikunjungi saat ini yang telah memasuki puncaknya musim panas di Korea. Kalau naik kereta menuju kota Namwon, ada juga bus khusus ke Baemsagol di sana. Bus itu beroperasi 15 kali sehari, hingga anda tidak susah mencari Baemsagol. Informasi lengkap di sekitar Baemsagol, dapat kita memperolehnya di situs www.baemsagol.com.



IniSajaMo via KBS

Comments