JY Park Dituntut Atas Tuduhan Plagiat


Beberapa bulan setelah rumor tentang isu plagiat yang menyertai Ost serial drama DREAM HIGH yang berjudul Someday, para fans berdebat tentang benar tidaknya lagu tersebut memiliki kemiripan dengan lagu milik Kim Shin Il.Menurut Pengadilan Pusat Seoul, Kim Shin Il mengklaim bahwa Ost tersebut melakukan plagiat atas karyanya To My Man dari album kedua ASH. Karena JY Park adalah penulis lagu dan lirik dari lagu Someday, maka ia dituntut sebesar 110 juta won atau $103.000 sebagai kompensasi.
"Melodi dan chorus dari Someday mirip dengan To My Man, yang ditulis pada tahun 2003. Bahkan harmoni, ritme, gitar akustik, drum serta bass, instrumen tersebut cukup serupa. Kami menuntut kompensasi 110 juta won sebagai ganti rugi dari pelanggaran hak cipta," klaim manager dari Kim Shin Il.
Sementara itu, Selasa 12 Juli 2011, JY Park merespon dengan menyatakan hal itu tidak bisa dikategorikan sebagai bentuk plagiarisme karena track tersebut dipakai dalam lagu yang sangat populer.
"Sayangnya kami harus menghadapi hukum. Hal ini tidak bisa dikatakan sebagai suatu plagiarisme karena chord yang dipakai adalah chord yang digunakan di lagu populer. Jika mereka menuntut, kami akan memilih tim legal" ucap perwakilan JY Park


IniSajaMo  via Kapanlagi com

Comments