Samnyeongogae (Bukit 3 tahun)


Di sebuah desa, ada bukit yang cukup curam. Jalan di bukit itu sangat penting, karena untuk pergi ke daerah lain tidak ada jalan lagi selain melewati bukit itu. Sementara, di bukit itu ada sebuah julukan, yaitu ‘Samnyeongogae’ yang berarti ‘bukit 3 tahun’. Alasannya adalah jika jatuh di tengah berjalan di bukit itu, orang itu hanya mampu hidup selama 3 tahun saja. Oleh karena itu, orang-orang yang melewati bukit itu selalu berhati-hati agar tidak terjatuh.

Suatu hari, seorang kakek yang tinggal di desa sekitarnya sedang melewati bukit itu setelah berbelanja di pasar. Kakek itu juga selalu merasa khawatir akan jatuh di bukit itu. Nah, ketika kakek hampir sudah lewati bukit itu, dan merasa syukur atas tidak jatuh di bukit hari ini juga, tapi tiba-tiba seekor kelinci muncul dengan melompat di hadapan kakek, sehingga kakek terkejut dan akhirnya terjatuh juga di bukit tersebut.
Kakek itu tidak kena luka, tapi setelah tiba di rumah langsung berbaring sakit.
Keluarga khawatir pada kakek yang jatuh sakit dengan tidak tahu alasan mengapa sang kakek sakit dan bertanya-tanya apa yang membuat kakek sakit dan mana yang sakit.. Akhirnya sang kakek tuturkan bahwa dia sendiri sudah jatuh di ‘bukit 3 tahun’ itu sehingga dia merasa hidup hanya tinggal 3 tahun saja. Keluarga kakek tidak bisa mencari cara untuk menjaga kakeknya dari kematian yang makin mendekat selain menangis-nangis berhari-hari. Orang-orang yang tinggal di desa itu makin takut melewati bukit itu setelah mendengarkan kabar tentang kakek yang jatuh sakit itu.

Beberapa hari kemudian, seorang anak laki-laki yang tinggal di sekitar desa itu datang untuk menjenguk kakek yang jatuh sakit, dan berkata dia tahu cara untuk menempuh hidup dengan usia panjang. Sang kakek tanpa terasa langsung berdiri dan duduk dari tempat tidurnya dan bertanya bagaimana caranya itu!
Jawabannya dari anak itu sangat singkat, yaitu jatuh di bukit itu lagi!
Sang kakek langsung marah-marah dengan mendengarkan jawaban itu, kan kalau jatuh sekali lagi mungkin dia akan langsung mati.
Akan tetapi anak itu bercerita bahwa jika jatuh 1 kali di bukit itu bisa hidup 3 tahun, jadi kalau jatuh 2 kali bisa hidup 6 tahun, jatuh 3 kali bisa hidup 9 tahun dan seterusnya.. Wah.. betapa baiknya cara hidup lama demikian!
Mendengarkan cara itu, sang kakek langsung berlari ke bukit itu dan sengaja jatuh di bukit berkali-kali. Setelah itu sang kakek merasa langsung menjadi sehat seperti tidak tahu kapan pernah berbaring sakit, dan bisa berjalan-jalan lagi ke daerah lain lewat bukit itu.
Suatu hari sang kakek jatuh di bukit itu tanpa sengaja, lalu sang kakek sambil tertawa mengatakan, “Aduh sudah 50 kali lebih jatuh disini, berarti aku akan hidup sampai usia 150 tahun lebih haha…”

Infromasi Wisata

Samnyeongogae atau bukit 3 tahun itu terletak di antara desa Shinhwadong dan Hwadong di daerah Baeknyeong, kota Inchoen. Jika Anda ingin menempuh hidup dengan usia panjang, coba jatuh di bukit tersebut berkali-kali, siapa tahu Anda juga bisa hidup 150 tahun lebih..!



IniSajaMo Center@KBS

Comments