Billboard Amerika meluncurkan K-pop Chart

Billboard chart yang dianggap sebagai sebuah tonggak untuk memahami arus musik pop dunia dengan pengaruh serta tradisinya, telah meluncurkan K-pop chart. Pada tgl. 25 bulan lalu, Billboard K-pop hot 100 telah diumumkan untuk pertama kali di New York dan di Seoul sekaligus. Hal ini merupakan peristiwa yang mengagumkan karena waktu peluncurannya bersamaan dengan permulaan popularitas K-pop di pasar Amerika setelah di Asia, Eropa dan Amerika Selatan.

Pada saat ini, Billboard mengumumkan urutan lagu pop dari 20 negara termasuk Jepang, Australia, Inggris, Jerman, Prancis selain Amerika Serikat. Pihak Billboard mengatakan mereka menilai tinggi kemungkinan perkembangan K-Pop pada masa mendatang, sehingga mereka meluncurkan chart K-pop hot 100 untuk kedua kali di Asia berikut chart Jepang.

Sementara itu, pada minggu ke-4 bulan Agustus, ‘So Coo’l’ dari SISTAR menduduki urutan no. 1 dengan mengalahkan 2NE1 dan MISS A. Hasil minggu pertama September ini ‘I turned off the TV’ dari Leessang menduduki peringkat no.1 dan So Cool berikutnya.


InisajaM0@KBS

Comments