Gang Khusus Kue Beras Di Kecamatan Nakwon, Jongno

Pada saat ini, warga masyarakat Korea sedang menikmati hari libur Chuseok yang dianggap sebagai hari raya terbesar di Korea atau festival hari bulan purnama bulan Agustus menurut penanggalan Imlek. Hari dimana mengucapkan terima kasih kepada leluhur dan langit setelah menyelesaikan masa panen.... Pada malam hari yang jatuh pada tanggal 15 Agustus bulan lunar, cahaya rembulan juga bersinar dengan paling terang, sehingga warga masyarakat berdoa agar keinginan dan impiannya akan terwujud sambil menatapi bulan purnmana tersebut.

Ada makanan istimewa yang dapat dinikmati pada hari raya di Korea, dan makanan istimewa untuk liburan Chuseok adalah kue Songpyeon. Songpyeon adalah kue beras berbentuk bulan sabit yang diisi wijen, kacang merah, kacang, berangan, dll, serta juga simbol untuk rasa bersyukur dan berterima kasih kepada arwah leluhur dengan menyuguhkan padi-padian yang baru dipanen. Jika anda menikmati liburan Chuseok di Korea, anda pasti mencicipi rasa Songpyeon, mau khan? Ya, hari ini, mari kita melangkah ke gang khusus kue beras di kecamatan Nakwon, Jongnogu, Seoul. Lokasi bersejarah ini sudah mencapai 100 tahun untuk menyambut hari raya Chuseok.
Nakwon dalam nama Nakwon-dong berarti surga dalam bahasa Korea. Lingkungan ini telah ada sejak masa kolonial Jepang dan  "Nakwon"  tepat di samping Taman Tapgol.
Dahulu  ada beberapa istana kerajaan di sekitar sini seperti Changdeok Palace dan Unhyeon Istana. Orang-orang yang dulu bekerja di dapur kerajaan adalah yang pertama yang mendirikan toko ddeok ( Kue Beras)disini. Sebelum bangunan itu didirikan di sini, toko-toko ddeok hanya satu jalur menuju Anguk-dong, tapi sekarang mereka semua tersebar di sekitar daerah tersebut.  Gang ini akan  benar-benar sibuk selama Chuseok.Toko Ddeok( Kue beras) mulai berkumpul di lingkungan ini setelah Dinasti Joseon mengalami kemunduran. Setelah jatuhnya Dinasti Joseon, para pelayan dan staf dapur yang pernah bekerja dalam istana kerajaan memulai bisnis ddeok untuk mencari nafkah. Ini adalah awal kisah sedih daerah ini.Toko ddeok di Nakwon-dong mengalami kemajuan bisnis yang cepat, bagian utara kota Seoul menjadi terkenal karena ddeok yang lezat, sementara bagian selatan menjadi terkenal karena bir yang baik. Sungai Cheonggye menjadi pemisahisahantara  bagian selatan dan utara Seoul.  
Bukchon, atau desa di utara, adalah rumah bagi bangsawan Joseon dan dekat dengan istana kerajaan, sehingga penduduknya cukup kaya untuk sering menikmati  ddeok yang mahal, membuat lingkungan ini menjadi magnet untuk membuka toko ddeok. Namchon, atau desa bagian selatan, adalah tempat para sarjana menganggur dan pria muda yang kaya yang sering mengunjungi rumah ale, memberikan daerah reputasi untuk anggur yang baik dan hiburan. reputasi Mereka ini bertahan sampai hari ini seperti yang terlihat di gang toko ddeok yang membentang dari Insa-dong ke Pusat Belanja Nakwon.

Ddeok:Kue beras
 KBS@IniSajaMo


Comments