Grup Idola yang mempunyai keberanian berlipat

Tren belakangan ini dengan jelas menunjukkan bahwa penyanyi harus tampil di acara variety di televisi untuk mendapat popularitas. Tren ini mendapat kritik karena musik dan dunia entertainment berkembang jadi hubungan yang saling ‘mencakar’. Tetapi dari sini kita bisa melihat sejumlah penyanyi yang memiliki keberanian untuk menjaga diri mereka dari acara yang tidak terkait dengan musik.

2NE1
Bukan hal yang mudah bagi penyanyi, meskipun dari agensi besar, untuk mendapat popularitas tanpa tampil di acara entertainment di televisi. Tetapi 2NE1 bisa mencatat rekor mendominasi peringkat atas chart musik lima kali berturut-turut tanpa melakukan aktivitas di variety show. 
2NEi menyapu bersih situs musik download dengan hampir semua lagu dari album mereka tahun ini. “Don’t Cry,” “Lonely,” “I’m the Best,” “Hate You,” dan “Ugly.” Tentu saja, sulit untuk menolak kenyataan bahwa agensi besar mereka memberikan dukungan penuh, tapi tanpa usaha dan kemampuan musik dari member 2NE1 sendiri, pencapaian ini tidak mungkin terjadi. Inilah yang membedakan mereka dengan grup perempuan lainnya.

Infinite
Grup beranggotakan 7 orang ini mendapat julukan “trend-leading idol” dengan menduduki peringkat atas  selama dua minggu berturut-turut dalam acara musik dalam satu tahun ketika tampil dengan album baru “Be Mine”. Sejak sukses debut dengan  “Come Back Again” pada Juni 2010, Infinite menunjukkan perkembangan yang stabil, perlahan memperluas fandomnya.
Infinite menunjukkan penampilan grup yang terkendali dan musik yang trendi hampir mengecualikan suara elektrik namun menyesuaikannya dengan suara gitar. Sejak itu, “She’s Back,” “BTD,” “Nothing’s Over,” dan “Can’t You Smile” mengikuti dengan kesuksesan besar. Mereka telah mencoba meng-cover berbagai macam genre musik termasuk pop, hip hop dan musik akustik.
Dibandingkan lebih sering tampil di acara variety, mereka mengambil strategi lain dan fokus pada kemampuan musik mereka. Mereka bertahan dalam kompetisi yang ketat dengan grup idola lainnya. Lebih lagi, Infinite bukanlah grup yang ditraining secara lama dan bukan didukung dari agensi raksasa

JYJ
JYJ adalah grup yang dengan jelas menunjukkan seberapa besar kekuatan dan dukungan dari fandom. Sejak menjadi JYJ, mereka sulit untuk melakukan aktivitas apapun di televisi. Tapi mereka bisa meraih peringkat atas di berbagai situs musik (download) dengan lagu “Get Out” dari album “In heaven”.
Album ini mendapat perhatian besar dengan mencatat rekor pre-order hingga 300.000 copy . Situs online yang bertanggung jawab untuk menjual album ini juga terpaksa ditutup sementara karena tidak mampu menampung fans yang mau membeli album ini.

By Choi Na Young (nyc@osen.co.kr)
Source: Osen (Original article in Korean)
Photo from Osen
Translated by Geum Jae / Korea.com

Tiga idol di atas adalah contoh dari artis yang berani untuk tidak melakukan kegiatan promosi di dunia entertainment. Tapi tidak berarti mereka yang aktif di dunia entertainment itu salah/tidak baik ya… hanya saja jalan yang ditempuhnya itu berbeda…(AFC)

Comments