Legenda Inspektur Rahasia Pemerintah, Park Mun-su

Inspektur Rahasia Pemerintah, Amhaengeosa
Menjelang akhir masa kerajaan Joseon ketika itu tindakan korupsi oleh pejabat lokal di seluruh daerah Joseon mencapai puncaknya, seluruh rakyat tidak dapat melakukan apapun, walaupun kekayaan mereka dirampok oleh bupati. Namun, ada satu orang yang muncul untuk menangkap pejabat lokal yang melakukan tindakan korupsi dan menyelamatkan rakyat, yaitu inspektur rahasia Park Mun-su.

Pemecah Masalah Untuk Rakyat
Inspektur Rahasia Pemerintah dinamakan 'Amhaengeosa' merupakan pejabat pemerintah khusus Joseon yang diperintah oleh raja untuk mencermati tindakan para pejabat setempat dan kehidupan rakyat biasa. Namun, para inspektur rahasia itu tidak dapat mengetahui tugasnya atau daerah yang dikirim sampai mereka lepas dari kota untuk mencegah kebocoran perintah raja. Selain itu, mereka harus mengenakan pakaian kusut untuk merahasiakan jabatan. Oleh karena itu, raja memilih inspektur rahasia diantara bangsawan yang jujur dan berani. Selama hampir 400 tahun sejak tahun 1509, banyak inspektur rahasia menjalankan tugas penting, namun diantaranya, Park Mun-su sangat termasyur. 

Ikon Inspektur Rahasia Pemerintah
Park Mun-su yang lahir pada tahun 1691 naik jabatan pemerintah dalam usia 32 tahun sebagai penulis fakta sejarah. Setahun kemudian, dia dinon-aktifkan akibat konflik antara kancah politik, namun raja Yeongjo kembali mengangkatnya sebagai ahli perpustakaan pada tahun 1727. Raja Yeongjo yang mengevaluasi tinggi terhadap kinerja Park Mun-su yang jujur dan setia, mengangkatnya sebagai inspektur rahasia di provinsi Gyeongsang saat itu. Oleh sebab itu, Park Mun-su menghukum pejabat lokal yang nyata-nyata melakukan tindakan korupsi, memecat jabatan mereka dan juga berupaya untuk menstabilkan kehidupan rakyat. Demikianlah Park Mun-su semakin terkenal, maka dia kembali diutuskan oleh raja Yeongjo sebagai inspektur rahasia.

Secara khusus, saat seluruh rakyat di daerah selatan merasa lapar akibat gagalnya panen, Park Mun-su membagikan kekayaan pribadinya bagi mereka dan menyampaikan situasi yang menyedihkan kepada raja Yeongjo. Selain itu, kecerdasannya yang mampu meramalkan kenungkinan terjadinya banjir di bagian utara setelah menyaksikan kayu dan rumah yang terapung dan tertumpuk di pinggir laut bagian selatan berhasil menyelamatkan seluruh rakyat di provinsi Hamgyeong yang menghadapi kelaparan. Alasannya adalah karena dia memberi perintah agar memindahkan padi-padian dari gudang penyelamatan rakyat 'Jeminchang' yang dibangun untuk menyelamatkan rakyat saat mengalami gagal panen di provinsi Hamgyeong. 

Park Mun-su Yang Menjadi Legenda
Sebenarnya, Park Mun-su berhasil naik jabatan tinggi. Walaupun dia menjalankan tugas penting sebagai inspektur rahasia untuk keempat kalinya dalam karir politiknya, rakyat setempat memuji-muji Park Mun-su yang menaruh perhatikan besar terhadap keprihatinan rakyat dan menantang untuk melakukan reformasi atas keadaan yang tidak adil, sampai-sampai muncul banyak karya novel atau legenda yang terkait dengan kegiatan Park Mun-su. Menurut buku catatan sastra lisan, terdapat 210 buah legenda atau kisah mengenai Park Mun-su.
Mengapa kisahnya masih diungkapkan, walaupun dia meninggal dunia pada tanggal 24 April 1756? Hal ini disebabkan karena dia menunjukkan jati dirinya sebagai pejabat pemerintah yang tulus dan sejati kepada rakyat. 


inisajaMo@KBS

Comments