Soribada & Mnet Mendistribusikan Kpop Secara illegal?

◀ANC▶ (Anchor)
K-POP menjadi sensasi baru di luar negeri dan sejumlah konsumen Internasional memberi album2 musik Korea meningkat dari hari ke hari. 
Namun, sumber2 seperti Mnet and Soribada baru2 ini menjadi target karena mendistribusikan musik Korea secara ilegal.

◀VCR▶ (Video)
Ini terhadap lagu2 dari girl group 2NE1.
Berkat K-POP / Hallyu wave yang menjadi secara fenomenal populer di luar negeri, sumber2 seperti CJ Mnet and Soribada bisa membuaat banyak uang dari mendistribusikan musik Kpop. Tapi penulis2 lagu ataupun perwakilan2 perusahaan atau bahkan 2NE1 sendiri mengetahui mengenai masalah ini. Mereka telah menandatangani sebuah kontrak yang menyetujui untuk mendistribusikan musik mereka secara domestik di Korea, tapi tanpa pemberitahuan kalau musik mereka di distribusikan secara internasional juga.

◀SYN▶ (Audio)
Seorang perwakilan distribusi musik 2NE1 menyatakan:
Tidak ada apapun di dalam kontrak yang mengizinkan mereka untuk mendistribusikan mereka secara internasional dan karena itu membuat aksi2 mereka  illegal.”
sumber2 seperti  iTunes menjual single2 digital di website mereka untuk rata2  $1.00 per lagu dan [a;omh banyak uang itu jatuh pada pemilik copyright lagu. Namun situs2 seperti Soribada menjual koleksi lagu2 untuk mengkonversikan kira2 $ 0.06.

 ◀SYN▶ (Audio):
Pengguna luar negeri:
Situs2 Amerika dituntut sekitar 1 dollar per lagu, tapi situs2 Korea menawarkan kesepakatan pacage untuk sebagian kecil dari harga…”
Pihak2 dalam pertanyaan mengklaim ini adalah sebuah kesalahan yang dibuat oleh salah satu karyawan mereka dan mereka telah manandatangani sebuah kontrak baru, namun mereka telah dikritik karena menghambat perkembangan lebih jauh dari  K-POP.

◀SYN▶ (Audio)
The Grand National Party Hannnara member Lee Chul Woo:
Mendistribusikan materi2 hak cipta tanpa adanya pemberitahuan sebelumnya itu tidak bedanya dari pencurian. Ini seperti menampar wajah Hallyu.”
International Music Distributors ssiap memasukkan guguatan terhadap distributor2 illegal untuk keuntungan2 yang mereka buat sebagai sebuah hasil dari melanggar kontrak mereka .


Source & Image: MBC via Naver
credit: Allkpop
Indo Trans: Yeppopo



Comments