Harimau dan Gotgam




Pada jaman-jaman dahulu, suatu hari seekor harimau tiba-tiba muncul ke suatu rumah untuk memakan sapi di kandang rumah itu. Tapi, ternyata di kandang rumah itu tidak ada sapi seekorpun, sehingga harimau itu menunggu kedatangan seseorang untuk memangsanya.
Pada saat itu, di dalam rumah terdengar suara tangisan seorang anak bocah. Sang ibu berupaya menghiburnya, tapi anak itu tidak berhenti-henti menangis. 

Akhirnya, sang ibu mengancam dengan ungkapan “Jika kamu tidak berhenti nangis, harimau datang dan memakanmu!” Akan tetapi, si bocah itu malah nangisnya lebih keras.
Dengan kedengaran suara tangisan itu di luar, seekor harimau membanggakan dirinya yang dianggap takut sekali oleh manusia. 


Sang ibu dengan berbagai cara ingin menghentikan si bocah itu menangis dan lagi mengatakan “Nak, jangan nangis, ibu akan memberikan Gotgam (kesemek kering).”Mendengarkan ungkapan itu, si anak langsung berhenti menangis.
Harimau yang ada di laur lagi heran dan berpikir bahwa pasti si Gotgam itu lebih menakutkan daripada dirinya sendiri, karena si bocah itu langsung berhenti menangis jika mendengarkan kata Gotgam itu.

Selanjutnya, pada waktu itu, seorang maling juga masuk ke kandang untuk mencuri sapi. Saat itu adalah tengah malam ketika sinar rembulan tidak memantul ke badan seekor harimau, sehingga maling itu berpikir harimau yang ada di dalam kandang itu adalah sapi besar. Untuk mencurinya, si maling mencoba menyentuh harimau itu. Si harimau lagi takut sekali, karena harimau yang bodoh itu berpikir itu adalah Gotgam, jadi si harimau itu berlari dengan sepenuh tenaga.


Si maling juga kaget sekali dan tanpa terasa memegang keras untuk tidak melepaskan ‘sapi’nya.
Dipegang oleh si maling, harimau lebih keras melaju ke arah gunung sambil berpikir, si Gotgam ini benar-benar menakutkan. Si harimau sambil menabrakkan badannya kesana-kesini agar menjatuhkan si maling yang dikirain Gotgam itu dan akhirnya si maling juga ketahui itu bukan sapi tapi harimau, melepaskan harimau dan bersembunyi dalam lubang, dan harimaupun berlari terbirit-birit ke arah gunung. 






Infromasi Wisata

Sebenarnya Gotgam itu bukan hal yang menakutkan, tapi kesemek kering yang enak sekali. Nah, asal daerah dimana cerita tersebut ditelusuri adalah kota Sangju dimana terkenal dengan Gotgam. Khususnya jika mengunjungi daerah Namjang dalam kota Sangju itu, kita dapat melihat pemandangan ibu-ibu berkumpul dan membuat Gotgam dan mulai pertengahan Oktober sampai akhir November, desa itu dipenuhi dengan pemandangan mengeringkan buah kesemek dimana-mana. Nah,  jika datang ke Korea pada musim gugur, jangan lewatkan mencicipi Gotgam!
IniSajaMo