Musokak(무속악)



'Musok' atau perdukunan merupakan satu kepercayaan asli bangsa Korea yang dilestarikan dari zaman dahulu. Orang-orang di zaman dahulu percaya bahwa setiap benda di antara langit dan tanah memiliki dewanya. Oleh sebab itu, setiap musim mereka mengadakan selamatan di kuil keluarga yang dibangun untuk memperingati dewa-dewa penyelamat desa maupun di dalam rumah penduduk. Selain itu, mereka berkonsultasi dengan dukun jika sakit atau mendapat musibah.

Demikianlah Shamanisme berakar kuat dalam kehidupan rakyat jelata. Kepercayaan rakyat itu diekspresikan dalam satu bentuk upacara ritual yang disebut 'Gut' dan itu menjadi elemen penting dalam kebudayaan tradisional Korea.

Pada umumnya, Gut dibimbing oleh seorang dukun dari keluarga dukun. Dukun yang disebut 'Mudang' dalam bahasa Korea biasanya dianggap sebagai orang yang kerasukan. Akan tetapi pekerjaan sebagai dukun diturunkan sebagai bisnis keluarga di daerah Timur dan Selatan Korea. Walaupun tidak kerasukan dan memiliki kesaktian, tetapi mereka mengamati dan mempelajari tata upacara ritual perdukunan dari usia dini. Jadi, perempuan menjadi dukun sementara laki-laki menjadi pemain alat musik untuk upacara perdukunan. Oleh karena itu, nyanyian, musik, dan tari dapat menjadi lebih artistik dan halus.



IniSajaMo

Comments