Kejaksaan Korea menggrebek kantor pusat grup SK



Pihak Kejaksaaan Korea pada hari Rabu melakukan penggrebekan di 10 tempat, termasuk pusat kantor grup SK, kantor cabang utama dan rumah pejabat terkait.
Berbagai dokumen penting, catatan keuangan dan disket telah diamankan sebagai bagian dari penyelidikan Ketua Grup SK, Chey Tae-won yang diduga menyalahgunakan uang perusahaan dan pengumpulan dana rahasia. 


Baru-baru ini, pihak Kejaksaan menemukan kecurigaan ketua SK dan adiknya, wakil ketua grup, Chey Je-won menyalagunakan dana perusahaan sebanyak 100 miliar won lebih.
Secara rinci, setelah menelusuri rekening, pihak Kejaksaan menemukan bahwa 18 kantor cabang utama Grup SK menginvestasikan 280 miliar Won di sebuah perusahaan investasi ventura yang dijalankan oleh mantan eksekutif SK.
Diantara investasi itu, pihak Kejaksaan menemukan puluhan juta won terparkir di investasi pribadi ketua SK Chey. 


Pihak Kejaksaan sedang menyelidiki proses investasi Chey pada saham berjangka dari bulan Agustus dengan kecurigaan bahwa dia menggelapkan dana perusahaan untuk membiayai investasi dan menutup kerugian. 


Sebagian orang mencurigai 2 pemimpin SK itu menyalahgunakan dana perusahaan yang bernilai 200 miliar Won. Ada juga curigaan bahwa sebagian dana itu terlibat dalam pengumpulan dana rahasia untuk melakukan lobi pada kalangan politik. 


Kasus ini sedang mendapat sorotan tajam dari publik dan masyarakat bertanya-tanya sampai sejauh mana kasus tersebut akan diproses secara benar serta apakah ada kalangan politisi akan terlibat dalam skandal tersebut. 


Note :
SK Group (Korea: SK 그룹, 에스케이 그룹) adalah konglomerat terbesar ketiga (chaebol) di Korea Selatan. Grup SK terdiri dari 92 anak perusahaan dan afiliasi yang berbagi merek SK dan budaya. Mengubah namanya dari Grup Sunkyoung (Korea: 선경 그룹) menjadi SK pada tahun 1997.  
SK Holdings menduduki peringkat 72 dalam Fortune Global 500 2009.  Grup SK memiliki lebih dari 30.000 karyawan yang bekerja dari 113 kantor di seluruh dunia. Sementara bisnisnya terutama didasarkan pada kimia, minyak bumi dan energi industri, juga menyediakan jasa di bidang konstruksi, pengiriman, pemasaran, telepon lokal, telepon selular, internet berkecepatan tinggi, dan layanan broadband nirkabel WiBro .(Wikipedia)








kbs world@IniSajaMo

Comments