Sejumlah Perguruan Tinggi Korea Menghentikan Penerimaan Khusus Bagi Selebritis

 
Beberapa universitas preseden tidak akan lagi memberikan pengakuan khusus untuk selebriti di tahun akademik mendatang.

Untuk proses penerimaan tahun akademik  2013 , Konkuk University  tidak akan lagi memberikan pengakuan khusus untuk selebriti. Seorang wakil dari Konkuk menyatakan kemarin, "Mulai dari 2013, selebriti akan dipilih dengan standar yang sama seperti siswa reguler".


Dalam dekade terakhir,  masuknya selebriti yang diterima melalui standar khusus meskipun sudah ada adalah program pengakuan awal. Kriteria penerimaan khusus bervariasi untuk setiap sekolah. Namun, setiap tahun selama musim penerimaan, ada kemarahan publik mengenai legitimasi dan keadilan memberikan kursi khusus untuk individu yang didasarkan pada kenyataan bahwa mereka adalah selebriti.


Konkuk University, setelah mendirikan Fakultas Seni dan Desain pada tahun 2004, mulai memasukkan program  khusus  untuk selebriti, mengakui aktris seperti Kim Jung-eun dan Park Han-byeol serta penyanyi SHINee Minho dari boy band. Proses seleksi untuk masuk khusus di Konkuk didasarkan 50 persen pada "pengalaman" dan 50 persen pada wawancara.Dengan kata lain, para selebriti ini memiliki free pass untuk masuk hanya dengan wawancara. Namun, semua itu yang akan berubah. Selebriti yang mendaftar untuk sekolah akan mengikuti tes dan melakukan wawancara.


Berdasarkan kriteria penerimaan khusus untuk tahun ini, Departemen Seni Universitas Chung-Ang dimana Luna dari girl group populer (fx)  diterima tahun ini di jurusan teater dimana beratnya pengalaman dan prestasi  80 persen dan wawancara untuk 20 persen .Sungshin Women's University, yang menerima penyanyi Goo Hara dari Hallyu kelompok Kara tahun lalu, menerpkan 80 persen pada hasil ujian sekolah dan 20 persen pada wawancara dimana ia unggul dalam bakat atau olahraga. Sementara itu, Kyunghee University, untuk masuk khusus ke dalam teater dan departemen film, basisnya 20 persen pada transkrip sekolah dan 80 persen pada prestasi.


Sementara itu, Universitas Dongguk tidak menerima pendaftaran khusus bagi aktor untuk kelas masuk. Yoona Girls 'Generation pada 2009 dan Seohyun pada tahun 2010 dan 4minute  Hyuna pada 2011 diterima ke departemen film dan media digital melalui proses penerimaan untuk "bakat akting". Seorang wakil dari Dongguk menyatakan bahwa langkah itu dilakukan untuk menghapus penerimaan khusus untuk departemen teater dan film karena "selebriti sering mengambil istilah off dan mengulangi kritik tentang seleksi mereka".


Siswa yang terutama  menghadapi proses aplikasi  merasa tertipu oleh sistem aplikasi khusus, yang mereka temukan subjektif dan tidak adil. Park Sun-hee, 18, yang mengambil CSAT tahun ini mengatakan, "Ini mungkin sulit bagi seorang idola yang sibuk untuk menghadiri sekolah", dan lebih lanjut menyatakan keraguan padanya apakah "nama perguruan tinggi sangat penting untuk idola yang sudah sukses". Seorang mahasiswa memposting dengan nama  anonim secara online menulis, "Jadi, beberapa orang hanya dapat syuting  sebuah video musik dan mengambil wawancara dan mendapatkan suatu OK?"


Setelah masuk, ada selebriti yang tidak bisa bersaing dengan sekolah dan akhirnya dikeluarkan. Seorang wakil dari sebuah universitas swasta mengatakan, "Ini adalah masalah bagi penyanyi pro dari sebuah perusahaan hiburan besar untuk menggunakan status mereka untuk mendapatkan pengaruh akademis".


Tapi perwakilan universitas yang lain menyatakan, "Saya pikir tidak ada masalah dengan memilih seseorang yang telah menunjukkan upaya dan pengakuan dalam industri mereka".



By Song Ji-hye [sarahkim@joongang.co.kr]
Source : koreajoongangdaily.jo... ( English Korean )
 Trans Ind : IniSajaMo