Warga Korea Raih Doktor di Unhas

Cho Tae Chong, warga negara Korea Selatan, meraih gelar doktor dalam bidang Ilmu Linguistik, di Universitas Hasanuddin Makassar.

 Tae Chong berhasil mempertahankan disertasinya berjudul 'Aksara Serang sebagai Wadah Pembinaan Tamadun Islam di Sulawesi Selatan: Kajian Gramatologi,' di Kampus Unhas, Senin (31/10).
Cho Tae Chong lahir di Seoul, Korsel, 17 Januari 1978 silam. Dinyatakan lulus dengan yudisium sangat memuaskan. Promovendus yang juga detektif polisi ini merupakan orang pertama di Fakultas Ilmu Budaya Unhas, yang mampu menyelesaikan pendidikan doktornya dalam tempo dua tahun satu bulan.
Anak pasangan Cho Sang Woon dan Kim Sam Im ini, meraih indeks prestasi kumulatif (IPK) nyaris 4.00.

Dekan Fakultas Ilmu Budaya Unhas, Prof Drs H Burhanuddin Arafah M Hum PhD mengatakan, sangat jarang seorang doktor mampu menyelesaikan pendidikannya dengan relatif cepat seperti Chong, di FIB Unhas.

Hal senada dikemukakan Prof Dr H Hamzah Machmoed MA bersama Prof Dr Tadjuddin Maknun SU dan Prof Dr Nadjamuddin H Abd Safa MA. Sebagai promotor dan co-promotor Chong mereka menilai, prestasi Chong ini sama sekali jauh dari nuansa pengarbitan (dipercepat, --red.).

Chong menyelesaikan pendidikan sarjana di Jurusan Bahasa Melayu-Indonesia di Hankuk University, Korea Selatan (2004), magister di universitas yang sama pada Foreign Studies Jurusan Bahasa dan Sastra Asia Selatan dan Tenggara tahun 2006.

*Semoga warga UNHAS juga bisa meraih Doktor ataupun gelar-gelar akademik lainnya di Universitas-universitas Korea.

Source: UjungPandang Express

Comments