Liburan Seru di Festival Musim Dingin Korea

Menjelang akhir tahun, biasanya tempat-tempat wisata yang memiliki musim dingin menjadi salah tujuan favorit dari banyak wisatawan. Kalau di sekitaran Benua Asia, Korea Selatan boleh dicatat sebagai salah satu destinasi wisata musim dingin yang menarik.

Festival Musim Dingin Korea
Dari pengalaman saya, musim dingin atau salju di Korea umumnya terjadi pada bulan Oktober hingga Maret. Jadi yang mau tahun baruan di Korea, sudah pasti bakal ketemu sama salju dan cuaca dingin yang seru.

Salah satu kegiatan masyarakat Korea di musim dingin yang bisa dijadikan bagian dari kunjungan wisata kita adalah festival es. Hampir sebagian besar warga Korea merayakan festival es ini lho. Maklum saja, soalnya di musim dingin itu hampir seluruh wilayah Korea diselimuti salju tebal yang bisa kita gunakan buat bermain ski, kereta luncur atau juga memancing di danau atau sungai yang lagi beku.

Meluncur bersama di atas salju dalam Festival Salju Taebaeksan
Meluncur bersama di atas salju dalam Festival Salju Taebaeksan
Nah, salah satu festival es yang ada di Korea adalah Taebaeksan Snow Festival. Festival es yang satu ini merupakan salah satu festival es yang paling populer di negeri K-pop itu. Di festival ini, para turis bisa menikmati atau juga ikutan lomba membentuk salju. Terus ada juga Siberian Husky dog sleeding, dan juga ice sleeding.  Yang agak unik dari festival es ini, ada juga sesi festival layang-layangnya lho. Jadi main layangan waktu musim salju.. nggak kebayangkan? Festival salju Taebaeksan ini biasanya diadakan di bulan Januari sampai Februari.

Sementara itu, kalau kita jalan-jalan ke propivinsi Gangwon-do, tepatnya di kawasan Danau Sangyo, kita juga bisa nemuin festival es. Di sini, juga pada bulan Januari sampai Februari ada Festival Inje Icefish. Kalau saya tidak salah menerjemahkan, festival ini kegiatannya berupa memancing di danau yang sedang beku atau yang ada esnya begitu. Seru kok ikutan festival ini. Belum lagi di sini juga kita bisa juga menikmati keindahan salju yang menyelimuti Gunung Naeseoraksan.

Festival Inje Icefish, ramai-ramai mancing di danau beku
Festival Inje Icefish, ramai-ramai mancing di danau beku

Selanjutnya, dari Pegunungan Hwacheon, ada sebuah festival yang nggak kalah seru, namanya Hwacheon Mountain Trout Festival. Di festival ini kita bisa ikut menikmati macam-macam olahraga salju atau juga ikutan melubangi lapisan es yang tebal di Hwacheon Stream untuk memancing ikan. Ehm.. gimana? Serukan.

IniSajaMo

Comments