Pasar K-pop di Jepang Meraih Keuntungan Ganda + Pendapatan Bersih KARA melebihi $ 17.000.000 USD



Para wanita KARA mendominasi di Jepang.
Kelompok gadis KARA merilis Japanese single ‘Winter Magic‘ mereka Oktober lalu, dan dengan cepat terjual 100.000 eksemplar pada hari pertama mulai dijual. Ini adalah single ketiga gadis-gadis ini yang dirilis di Jepang. Album keempat  dirilis tahun ini dan telah memecahkan 'Top 10' di chart Oricon. Di atas album, gadis-gadis KARA juga merilis sebuah DVD yang merupakan koleksi pictorials yang mengambil syuting di luar negeri.
Gadis-gadis KARA yang membuat debut resmi mereka di Jepang tahun lalu telah membuat badai di  Jepang  dengan 'tari hip' mereka dan mempesona fans Jepang mereka dengan bakat vokal mereka dan image  lucu mereka. Dan tahun ini, para penggemar merasa dekat dengan gadis-gadis ini karena mereka membuat penampilan televisi lebih, memungkinkan penggemar untuk mengenal mereka lebih baik. Jang Jinhee dari agency KARA yakni DSP Media menyatakan, "Kara telah menahan diri dari mengadakan konser di Jepang tahun ini dan telah berfokus pada membuat penampilan televisi, yang secara langsung berdampak pada jumlah album yang  mereka jual."
Menurut Oricon, Kara mengumpulkan total penjualan kumulatif (dari album & DVD) sekitar $ 63.6million USD, menjadi artis # 1 K-pop di Jepang untuk menjual album paling banyak. Diluar dari artis Jepang dan artis asing digabungkan, Kara menempati di # 4 secara keseluruhan.
SNSD mengumpulkan total penjualan $ 52.200.000 USD di Jepang dan menempati di # 5. DVD SNSD dan Disk Blu-ray peringkat # 1 di Oricon di bawah kategori musik, dan ‘Japan First Tour Girls’ Generation‘baru saja dirilis pada tanggal 14, menjual 69.000 kopi di minggu pertama serta merebut # 1 slot pada Chart DVD Mingguan dibawah kategori musik. Disc Blu-ray yang dirilis hari yang sama juga dijual 37.000 eksemplar yang mengesankan dalam minggu pertama dan menyita # 2 pada daftar Blu-ray Disc Mingguan secara keseluruhan, dan menempati di # 1 di bawah kategori musik.
Sangat jarang bagi artis Korea untuk menempati pada tempat ke-4 dan ke-5 pada daftar  CD dan DVD yang paling banyak terjual di Jepang. Boy group 2PM and SHINee juga meraih peringkat  # 2 dan # 3 pada daftar total penjualan tertinggi di antara artis pemula dengan angka penjualan kasar dari masing-masing sebesar $ 12.700.000 USD dan $ 11.200.000 USD,.
Untuk artis yang menjual keseluruhan album paling terkenal adalah kelompok gadis Jepang AKB48 dengan angka penjualan lebih dari $ 208,000,000 USD, diikuti oleh boy group Arashi yang menjual $ 196,000,000 USD, dan EXILE dengan $ 71.700.000 USD.
Dengan peningkatan penjualan secara keseluruhan, pasar K-pop di Jepang juga semakin berkembang. KARA & SNSD peringkat di # 1 dan # 2 untuk artis pemula terbaik di Oricon dengan menghasilkan pendapatan sebesar $ 16.600.000 USD dan $ 11.200.000 tahun lalu, dan dalam setahun pendapatan mereka telah meningkat 400-500%.
Pasar musik Jepang adalah yang kedua terbesar di dunia, dan total 10-20 kali lebih besar dari pasar musik di Korea.
Keuntungan luar negeri agency yang termasuk dalam  'Big 3 " yakni SM, YG, dan JYP telah meningkat dengan 20% mengesankan selama tiga tahun terakhir.
YG Entertainment baru-baru ini menjadi perusahaan yang terdaftar dan meskipun keuntungan luar negeri mereka hanya membawa berat 4% dari total keuntungan mereka, tahun ini telah naik menjadi 45%.
Mempromosikan di luar negeri dengan Jepang sebagai pasar utama telah membantu agency hiburan musik mengalami pertumbuhan banyak.
CEO Hong dari Cube Entertainment menyatakan, "Tahun ini, Jepang telah memperluas konsumsi segala sesuatu tentang K-pop. Bukan hanya album, tapi pertunjukan, barang dagangan karakter, dan banyak lagi. Pasar K-pop di Jepang memiliki setidaknya dua kali lipat dibandingkan tahun lalu. "
Menurut Badan Konten Kreatif Korea, pada kuartal 3 tahun 2011, jumlah ekspor musik yang berhubungan ke Jepang meningkat sebesar 183% ($ 117 juta USD) dibandingkan tahun lalu.
Jadi berapa banyak laba bersih yang  KARA raup dari Jepang? Menurut industri musik, 8% sampai 20% dari album mereka dan penjualan DVD dibawa sebagai royalti dan jadi keuntungan royalti mereka sendiri dari album ketat dan penjualan DVD yang dekat menjadi $ 8,6 juta USD. Tapi artis terkenal membuat lebih banyak uang lebih dari hal-hal lain seperti merchandising dan pertunjukan dan dengan segala sesuatu gabungan, para profesional menghitung KARA telah mendatangkan keuntungan bersih sekitar total $ 17.300.000 USD!.



Source & Image: HK via Nate 
allkpop
Trans Ind : IniSajaMo

Comments