Siapa Konsumen Utama K-Pop di Jepang?


Hallyu dan penyebaran K-Pop diketahui berasal di Jepang. Gelombang Hallyu masih sama kuat  di Jepang, sehingga majalah mingguan Oricon  ”Original Confidence,” memutuskan untuk mengadakan survei untuk penelitian siapa basis konsumen utama Hallyu.

Dari 4.938 peserta, penelitian menunjukkan bahwa penggemarnya Hallyu Jepang terutama terdiri dari para perempuan. Dengan persentasi untuk  perempuan 74% dari survei, dan laki-laki  26%. Yang menarik Rentang usia baik untuk laki-laki dan perempuan  berada di usia 40-an.
Ketika ditanya dari mana mereka mendapatkan berita dan informasi seputar K-Pop , banyak informasi yang tercantum acara TV, program musik, YouTube, keluarga dan teman, dan cerita yang mereka dengar dari orang yang mereka kenal.
Di sisi lain, fans Jepang tetap mengupdate para musisi Jepang melalui program musik, homepage resmi,informasi acara TV, dan situs portal.
Majalah itu melaporkan, ” penggemar t J-pop terutama mendapatkan berita artis  favorit mereka melalui homepage resmi mereka dan situs berita sedangkan penggemar K-Pop melihat artis favorit mereka melalui situs  video, terutama yang fokus pada menyanyi dan aspek kinerja para musisi tersebut merupakan aspek visual yang mengesankan dari K-Pop. Dan ini yang membuat sisi konsumen mereka dalam usia 40 an. ”


Source : Soompi

Comments