Ahn Suk-seon

 


Ahn Suk-seon adalah pemegang Gayageum Sanjo dan Byeongchang Aset Budaya Penting Tak Terwujud No. 23. Dia lahir di daerah Namwon, Provinsi Jeolla Selatan pada tahun 1949.

Daerah Namwon tempat asal Ahn Suk-seon itu juga merupakan daerah asal Pansori. Musisi master Kang Baekcheon yang merupakan pemegang seni Daegeumsanjo adalah seorang saudara dari ibu kandungnya. Selain itu pamannya, Kang Do-geun, merupakan penyanyi master dan pemegang kesenian Pansori sementara bibinya, master penyanyi Kang Sun-yeong adalah pemegang kesenian tak terwujud Provinsi Kyeongsang Selatan. Dengan demikian keluarga ibunya adalah keluarga musisi.

Penyanyi master Ahn Suk-seon mulai mempelajari dasar bernyanyi dari bibi dan pamannya semenjak usia 9 tahun. Setelah lulus SMA, dia ke Seoul dan mempelajari lagu Heunguga dan Chunhyangga dari musisi master Kim So-hee. Pada tahun 1986 dia mengadakan pertunjukan pansori dengan menyanyikan lima bagian pansori secara menyuruh. Sejak itu dia ditilik sebagai penyanyi yang akan meneruskan tradisi pansori. Dia suka bergaul dengan seniman dan seniwati lain dari berbagai bidang selain musik tradisional. Usahanya itu tentu mempengaruhi bidangnya dan melalui tangannya lah Pansori mengalami perubahan modern.

Pertunjukan Pansori secara menyeluruh sebenarnya tidak berlangsung dari dulu. Biasanya sebagian Pansori dimainkan secara terputus-putus sesuai dengan suasana tempat pertunjukan. Akan tetapi pada tahun 1960-an penyanyi master Park Dong-jin mulai menyanyikan lagu-lagu Pansori itu secara menyeluruh, mulai dari awal sampai akhir. Untuk lagu yang singkat biasanya diperlukan waktu 3 atau 4 jam sedangkan untuk lagu yang panjang seperti Chuhyangjeon memakan waktu 8 jam.

Sebelum Ahn Suk-seon melakukannya, hanya penyanyi master Park Dong-jin dan Oh Jeong-suk saja yang pernah menyanyi semua lagu Pansori secara menyeluruh. Sifat Ahn Suk-seon yang ingin mengikuti dan mempelajari hal baru itulah yang rupanya menjadikan penyanyi master Ahn Suk-seon yang sekarang ini.

Selain itu, dia pernah mempelajari Gayageum Byeongchang dari musisi master Park Gwui-hee hingga akhirnya dia menjadi aset budaya penting tak terwujud sebagai pemegang kesenian.



Soource kbs news
by IniSajaMo

Comments