Para MC KBS “Entertainment Relay” Dikritik karena Menjadikan Sasaeng Fans Sebagai Lelucon


T/N: Shin Hyeon Joon dari ‘Entertainment Relay’ membuat lelucon dengan mengatakan bahwa temannya, entertainer Tak Jae Hoon, adalah ‘sasaeng fans’-nya. 

Banyak komentar dalam paragraf selanjutnya yang menyebut tentang itu.
Shin Hyeon Joon, apakah kau seorang sasaeng fan?
Karena Tak Jae Hoon bukan seorang sasaeng fans, dia pasti menunggu di luar studio rekaman.
Saya rasa Tak Jae Hoon memberikan Shin Hyeon Joon terlalu banyak privasi, dia harus lebih mengikutinya kemanapun dia pergi.”
MC Park Eun Young sangat cantik, mungkin saya akan menjadi seorang sasaeng fans-nya sekarang.
Bagaimana bisa kalian menyebut seorang sasaeng sebagai fans?”

Para MC ‘Entertainment Relay’ berurusan dengan pertanyaan2 semacam itu dari fans dan publik setelah berita yang mereka sampaikan tentang sasaeng fans JYJ. Karena kutipan2 dari para MC, seperti “Sasaeng seharusnya dianggap sebagai fans“, banyak orang membanjiri komentar2 tentang sifat tayangan itu, terutama bagaimana mereka mengupas masalah serius seperti sasaeng fans dengan lelucon. Dalam situasi jenis ini, yang bisa menyebabkan orang2 kolaps secara mental karena stress dan gelisah, senyuman lelucon (dari para MC) dipandang rendah.

Ada banyak fakta dan data yang diperlihatkan tentang sasaeng fans JYJ, dan dalam ‘cerita resmi’ JYJ (yang dilaporkan secara langsung oleh ‘Entertainment Relay’), fakta2 itu diabaikan. Telah diumumkan melalui berbagai situs media berbeda bahwa acara itu harus merilis rekaman baru dari para member, meski begitu, justru ditayangkan suara rekaman dari sasaeng fans langsung, yang sangat bertentangan dengan apa yang diberitakan. Mungkin jika program itu benar2 mengikuti apa yang telah diberitakan media, reaksi2 akan berbeda. Meski begitu, ‘Entertainment Relay‘ tidak melakukannya.

Dari fans yang pertama mengangkat masalah sasaeng fans, mereka berharap program itu bisa menjadi suatu stimulus untuk perubahan subjek. Tapi ternyata jauh dari yang diharapkan. File audio yang dirilis oleh program itu tentang JYJ tidak berbeda dari yang media miliki. Banyak fans artis2 yang menghadapi masalah sasaeng fans mencari perubahan dalam sistem dan tersinggung dengan sikap para MC. Karena para MC membuat lelucon tentang situasi itu, tampaknya mereka menyulut api dalam situasi serius. Juga, editan suara tawa semakin menguatkan hinaan tambahan.

‘Entertainment Relay’ telah menjadi target kritik karena kesalahan pemberitaan yang mereka lakukan dalam laporan terbaru terkait member Big Bang, Daesung. Karena situasi2 ini, papan pesan ‘Entertainment Relay’ hampir selalu penuh dengan protes2 dari fans dan tuntutan untuk minta maaf. Meskipun bisa dipahami bahwa ‘Entertainment Relay‘ mencari cerita2 menarik, sebagai tayangan berita, mereka tetap harus memberitakan informasi yang benar. Sebagai tambahan, orang2 menyatakan bahwa saat berurusan dengan masalah2 serius seperti ini, para MC seharusnya tidak membuat lelucon atau gosip karena itu membuat mereka tampak tak beradab. Karena masalah2 ini, ‘Entertainment Relay’ memang mendapat reputasi sebagai sebuah program yang mengungkapkan informasi2 yang mereka kumpulkan dengan terlalu terburu-buru serta dalam cara yang tidak tepat.

Saat ini kita hidup dalam sebuah era dimana informasi bisa membunuh seorang manusia. Karena stasiun2 siar memiliki kekuatan untuk menyebarkan informasi, mereka seharusnya lebih berhati-hati. Para MC dan produser juga harus bersikap lebih bertanggung jawab.Entertainment Relay’ boleh tertawa dan berkelakar tentang masalah yang dihadapi JYJ, tapi fans yang tersinggung tak bisa ikut tertawa bersama mereka.

Source: Entermedia
Translation by: Yule for TheJYJfiles
credit : JYJ3
indo trans : kikawaiii @yeppopo
Repost by TR@IniSajaMo