Sebuah kisah cinta terkait dengan Buseoksa





Biksu besar Eusang sempat menginap di rumah salah seorang penganut Buddha dalam perjalanan ke kerajaan Tang, Cina untuk belajar. Pemilik rumah itu mempunyai seorang anak perempuan bernama Seonmyo. Si gadis itu menjadi jatuh cinta pada biksu Eusang dan mencoba menggodanya. Namun, dia tidak berhasil mengambil hati biksu Eusang yang sedang bertapa. Malah si gadis terharu terhadap sikap tekun dan tulus biksu itu. Dia bersumpah akan menjadi murid biksu Eusang dan mempersembahkan segala-galanya kepada sang biksu. 

Setelah 10 tahun belajar di Cina, biksu Eusang akan pulang ke negaranya, Shilla. Ketika mampir di rumah si gadis untuk berpamitan, si gadis sedang pergi. Setelah mendengar kabar tentang pulangnya biksu kesayangannya, si gadis mengemas barang-barang dan mengejarnya ke pelabuhan, tapi kapal yang ditumpangi biksu Eusang sudah meninggalkan pelabuhan. 

Si gadis yang merasa sayang terhadap si biksu menenggelamkan diri ke dalam laut sambil berdoa bahwa dia ingin menjadi naga besar dan melindungi pelayaran kapal yang sedang ditumpangi biksu Eusang. Gadis yang menjadi naga itu menolong perjalanan biksu ke Shilla. Disamping itu, pada saat pembangunan kuil Buseoksa, si gadis yang sudah menjadi naga itu berubah menjadi sebuah batu lagi, lalu menakutkan kaum penentangnya dengan terbang menjulang di atas kepala mereka. 

Berdasarkan peristiwa itu, kuil yang sedang dibangun itu diberi nama Buseoksa yang bermakna, batu terbang. Si gadis, Seonmyo itu menjadi naga batu, lalu dikuburkan dirinya di halaman kuil Buseoksa demi mempertahankan kuil itu.

Infromasi Wisata
Kuil Budhha Buseok atau Buseoksa terletak di kaki gunung Bonghwang di kecamatan Buseok kota Yeongju provinsi Kyeongsang Utara. Kuil itu dibangun oleh biksu Eusang yang diperintahkan oleh raja Munmu pada tahun 676 dan menjadi pusat aliran Hwaeumjong agama Buddha Korea. Kuil Buseok merupakan salah satu kuil yang ditentukan sebagai harta warisan nasional karena memiliki banyak bangunan bersejarah dan indah. Di belakang bangunan utama bernama Muryangsujeon, di kuil Buseoksa ada sebuah candi bernama Seonmyo dan batu Buseok yang dibuat untuk memperingati roh gadis, Seonmyo.


Source : KBS World Ina