Menilik akar KPOP



Ini adalah sebuah film dokumenter. Film documentary ini pasti tidak akan membosankan layaknya film documentary biasanya. Walau film yang di release Buzz Korea ini bercerita tentang sejarah, namun ini tentang sejarah Korea yang ada hubungannya dengan KPOP! Wow! Tidak disangka-sangka ternyata KPOP dan Idol groups telah “tercium” semenjak 600 tahun lalu di Korea saat dinasti Joseon.

Film ini mengungkap tentang bagaimana musik Korea dikenal 600 tahun yang lalu. Musik Korea ternyata sangat terkenal dan bahkan sudah menyebar melewati lintas negara.

Dan dari catatan sejarah ‘Samgukji Wuiji Dongijeon’, ditemukan kata-kata yang istilahnya “memprediksi” akan kehadiran KPOP di masa mendatang. Kata-kata tersebut diantaranya
  1. “Namyeo Gunchuigamu” yang artinya laki-laki dan perempuan berkumpul untuk menikmati musik dan tari
  2. “Sujocksangeung” yang artinya menggerakkan lengan dan kaki beriringan
  3. “Dapjijeoang” yang artinya gerakan berlari di tempat dengan kedua kaki
Kata-kata tersebut dianggap mendeskripsikan koreografi KPOP sekarang ini.
Seorang ahli sejarah, Kim Hong Seok, adalah orang yang menulis tentang “The origins of Korean Idol Groups” atau “Asal-usul Idol Groups Korea”. Beliau menunjukkan sejumlah berkas sejarah berupa lukisan-lukisan grup idola baheula.

Image

Di lukisan tersebut, dapat terlihat dengan jelas sekali bahwa kedua grup idola baheula memiliki koreografi yang sama dengan 2 grup idola KPOP yang sedang bersinar saat ini, 2PM dan Miss A. Di samping itu, yang lebih mengejutkan, kedua grup idola dr masa baheula dan sekarang ini mempunyai nama yang sama!
  1. Dahulu: Misi; Sekarang: 2PM – Arti dari “Misi” adalah waktu diantara jam 1 siang (1PM) dan jam 3 siang (3PM) yang dapat diartikan sebagai jam 2 siang (2PM)
  2. Dahulu: Misuae; Sekarang: Miss A – Arti dari “Missuae” adalah kecantikan, keanggunan dan kejelitaan. Missuae adalah grup yang terbentuk dari gabungan pemusik dari Korea dan China yang sama seperti Miss A sekarang terdiri dari 2 member Korea dan 2 member Chinese.
Jadi bagaimana menurut kalian? Apakah benar kalau KPOP sudah eksis sejak 600 tahun yang lalu? :)



Source : wooltralover.wordpress.com
Repost & Shared by IniSajaMo