Jumlah penduduk Korsel tembus 50 juta


 


Pada setengah abad silam yaitu tepatnya pada tahun 1960-an, jumah penduduk Korea Selatan hanya mencapai 25 juta, tetapi sekarang jumlah resmi telah melampaui 50 juta pada hari Sabtu pekan lalu.

Dengan peningkatan jumlah populasi, Korea Selatan telah memenuhi dua persyaratan yang diperlukan untuk bergabung dengan jajaran negara-negara ekonomi maju dalam segi kependudukan dan pendapatan nasional. Namun, Korea masih menghadapi tantangan, karena angka kelahirannya dinilai rendah dan jumlah warga penduduk lansia meningkat cepat.

Jumlah populasi besar mengakibatkan pasar domestik lebih besar dan penduduk yang aktif secara ekonomi lebih besar. Tentunya hal ini dapat menghidupkan kembali ekonomi. Jumlah banyak penduduk juga berarti peningkatan dalam pertumbuhan potensi. Dengan demikian, memiliki sebuah populasi besar berarti sangat diharapkan.

Namun demikian, tidak semua prospek Korea Selatan dapat dinilai cerah. Jika Korea terus menunjukkan rasio kelahiran rendah dan proses penuaan cepat, seperti sekarang, jumlah warga penduduk produktif dan jumlah pupulasi biasa juga akan menyusut.



Source:kbsworld/TR