10 Snack Terlezat Khas Korea Selatan



Bagi kalian yang mempunyai hobi ngemil. Boleh nih yang satu ini dilihat sebagai referensi kita mengenal macam-macam jajanan khas korea. Ada dua macam cemilan negeri gingseng korea, yakni gansik berarti ‘makanan yang dimakan diantara waktu makan’ kedua gwaja berarti ‘snack atau cemilan’. Artikel ini akan membahas yang jenis kedua (gwaja) makanan yang diproduksi banyak, dijual dengan kemasan menarik di supermarket, dan adiktif (bikin ketagihan). Snack yang enak-enak diproduksi oleh perusahaan besar di Korea: Crown, Haitai, Lotte, Nongshim, dan Orion. Yuk mari dilihat.


1. Saewookkang

Snack Terlezat Khas Korea Selatan

Arti namanya berarti udang dan biasa disebut ‘Nation’s gwaja’,  sudah pasti bisa ditebak cemilan satu ini pasti bercita rasa seafood ala udang. Jajanan ini makanan ringan olahan pertama yang dimakan oleh bayi dan para manula, karena rasanya yang gurih dan mudah dicerna. Di Korea snack ini juga biasa diberikan kepada burung camar, bebek, angsa, dan ikan mas besar kadang diberikan secara cuma-cuma kepada pengunjung bar. Cemilan ini berbau udang dan asin. Saewookkang telah lama diproduksi sejak tahun 1971 dan menggunakan jingle iklan yang sama dari 1988.
Website : www.saewookkang.com

2. Chocopie

Snack Terlezat Khas Korea Selatan
Bila kalian memiliki seorang teman dekat di Korea khususnya pria. Apalagi temanmu tersebut telah selesai menjalani wamilnya (wajib militer). Pasti mereka memiliki kesan sendiri terhadap cemilan enak yang satu ini. Chocopie adalah spongecake lembut dilapisi coklat dengan isi marshmallow dengan cita rasanya yang manis. Kenapa kue ini begitu terkesan bagi para pria sudah wamil? karena obsesi besar jika resmi selesai wamil mereka akan memakan kue ini sebagai lambang kehidupan “normal” kembali. Wajib militer begitu keras dan menurutku lama 1-3tahun, rasa kehilangan menjadi warga sipil seperti dibayar lunas dengan makanan manis. Semua hal yang menyedihkan, memilukan akan dituangkan ke dalam chocopie ini. Coba deh ditanya ke temenmu itu.

Chocopie juga menjadi alternatif lain untuk kue ulang tahun bila kalian tidak punya cukup uang atau dibuat mendadak. Chocopie disusun ke atas dengan bentuk  piramida dan diberi tambahan lilin-lilin diatasnya (Jadi inget Jo Kwon beri kue ulang tahun Gain di WGM). Dilihat-lihat juga bentuknya mirip sama Better di Indonesia yah.
Website : www.chocopie.co.kr

3. Matdongsan

Snack Terlezat Khas Korea Selatan

Si “Bukit Rasa” yang diperkenalkan sejak pertengahan tahun 70-an dan menjadi panganan favorit sejak itu. Matdongsan adalah camilan renyah, manis, dan  lengket di jari serta di permukaannya terlihat seperti ada kacang-kacangan ketika dimakan, dilidah terasa yummy banget. Ini direkomendasikan cemilan wajib dicicipi. Cemilan ini mungkin jadi salah satu favorit para generasi tua ya biar awet muda.

4. Jollypong

Snack Terlezat Khas Korea Selatan
Jollypong terbuat dari beras, adapula yang dibalut dengan coklat. Diproduksi pada awal 70-an mungkin ini salah satu jajanan tradisional yang diproduksi banyak dan sudah dikemas cantik. Istilah “Pong” yakni dari beras yang dimasukkan dalam mesin tradisional ketikan akan digiling (maybe) mengeluarkan suara keras ‘Pong!’.
Jollypong ini di Korea juga dijadikan sebagai sereal untuk sarapan pagi ditambahkan dengan semangkuk susu sehingga rasanya yang gurih menjadi manis. Versi coklat manis jajanan ini juga sangat popular di kalangan anak-anak.
Website : www.jollypong.com

5. Cari smiling face di Ojingeo Ttangkong

Snack Terlezat Khas Korea Selatan

Ojingeo secara harfiah berarti cumi-cumi, Ttangkong berarti kacang. Cumi panggang dan kacang ini cocok dipasangkan dengan Anju (minuman khas Korea) jadi favorit banyak orang Korea. Rasanya yang laut banget asin-asin dengan kacang ditengahnya. Hmm yummy cocok buat kita lagi nonton tv atau drama korea. Snack ini memiliki tekstur panggang di bagian luarnya, sehingga dapat kita temukan motif tersenyum.

6. Pepero

Snack Terlezat Khas Korea Selatan

Ada satu hal unik dari snack ini yakni dijadikan nama hari libur oleh suatu negara (Korea of course) meskipun hari libur tidak resmi yang jatuh pada tanggal 11 November “Pepero Day”. Walau tidak resmi kegiatan ini tidak pernah dilewatkan oleh banyak orang. Mereka berkata terasa aneh bila tidak ikut berpatisipasi dan bersenang-senang dalam “Pepero Day”. Sepertinya event tersebut merupakan strategi pemasaran produk dari perusahaan. Hmm menarik yaa??

Si panjang dan telanjang ini dijadikan nama sebuah event karena jika kita meletakkan biscuit stick tersebut bersebelahan setiap sisinya akan terlihat 11/11. Rasanya yang gurih dan manis with chocolate biscuit satu ini banyak dicintai, terutama buat para couple snack ini bisa dijadikan moment romantis berciuman. Dimana dua orang makan pepero dari dua sisi berbeda kemudian bertemu di tengah-tengah and finally they kissed each other. Uh so sweet ya.
Website : www.pepero.co.kr

7. Yangparing
Snack Terlezat Khas Korea Selatan

Yangpa “Bawang”, ring “Cincin” . Ngomong-ngomong soal cincin bawang Korea ini bukanlah bawang yang diiris-iris menyerupai cincin lalu digoreng, but ini adalah cemilan bercita rasa bawang. Ringan dan berasa meleleh di mulut, cara makannya biasa dengan ditusukkan sumpit dan dimakan sekaligus.

8. Kkokkalcorn

Snack Terlezat Khas Korea Selatan

Snack jagung sangat populer dimana-mana tak terkecuali di Korea Selatan. Diantara berbagai macam jenis snack jagung, Kkokkalcornlah yang paling terkenal. Nama Koreanya Kkokkalcorn “topi jagung berbentuk kerucut”. Dengan rasa asin, renyah cocok dijadikan cemilan di waktu senggang.

9. Goraebap
Snack Terlezat Khas Korea Selatan

Bap adalah kata yang sangat familiar. Secara harfiah berarti beras dimasak, makanan, dan juga makan.Gorae dalam bahasa Korea berarti “ikan paus” yang diadaptasi seolah-olah makanan ikan paus. Ada berbagai macam miniatur yang lucu-lucu dalam bentuk makhluk laut yang isinya kosong, tipis, dan gurih.

Sangat tidak memungkinkan untuk dimakan satu persatu. Di Korea ada cara tak biasa dengan mengatakan bahwa kita menggoyang (teolda) cemilan ini ke dalam mulut. Barangkali itulah arti nama snack ini, kita seolah-olah menjadi ikan paus kelaparan yang memangsa plankton-plankton kecil dengan lahap sekaligus banyak.

10. Homerunball
Snack Terlezat Khas Korea Selatan

Snack dengan versi bola mengembang ini diisi dengan krim coklat lembut, ringan, dan tambahan
pemanis. Terdapat dua jenis versi polos (tanpa rasa) tapi cocok bagi kalian yang tidak menyukai jenis makanan manis dan krim isi coklat. Bila kalian setuju sepertinya enak krim coklat yaaa.

11. Sando
Snack Terlezat Khas Korea Selatan

Makanan diatas adalah TOP 10, namun, saya menambahkan one special snack  yang saya sebut sebagai Honorable Mention. Yak snack ini jatuh pada “Sando” snack manis tertua di Korea yang diproduksi di tahun 1961. Hadir dalam varian krim isi tiga rasa berbeda: vanilla, coklat, dan stroberi. Rasanya yang manis dengan krim isi ditengah tumpukan biscuit seperti sandwich.

Populer snack lainnya: Bananakick, Ace cracker, Cham cracker, Margaret biscuits, Wafers, Cancho, Buttercoconut cookies, and Honeytwists.

Demikianlah artikel mengenai TOP 10 + 1 Honorable Mention Snack terlezat khas Korea Selatan. Selamat mencoba dan menikmati!






Korea net.

Source : http://artiskorea.web.id/
Repost&Shared By TR@IniSajaMo
DON'T TAKE OUT !!

Comments

  1. tank u ya info'y.. aku jdi pngen mkn ituuuu. tp d indo gk ada ya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. sama2.klo diindonesia yg mirip2nya sih ada kayak no.6 sama no.10 ;)

      Delete
  2. wah makasih banyak infonya, next time saya mau bkin postingan ini heheh... kao kamu suka dnegan makanan Korea infonya juga bisa kamu dapatkan di Korea Tourism Organization Indonesia,, hmmmmm pokoknya semoga bermanfaat. salam kenal

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima Kasih sudah memberikan komentar dihalaman IniSajaMo