Lagu Kpop Mulai Kehilangan Variasi


Semakin banyaknya penyanyi dan grup-grup baru yang terus bermunculan akhir-akhir ini, ternyata membuat kekhawatiran tersendiri bagi para pengamat musik di Korea.


Beberapa lagu baru dari grup idola terkenal, solois dan juga rookie, mereka perhatikan semua musik mulai terdengar sama, hal tersebut memprihatinkan dan menghawatirkan musik Kpop akan kehilangan variasi yang akhirnya ditinggalkan penggemar.
Banyaknya kesamaan musik tentu karena lagu-lagu baru banyak diciptakan oleh komposer musik yang itu itu juga alias sama, bahka mereka sendiri (komposer) menghadapi kesulitan untuk menghasilkan gaya musik baru.

Orang dalam dari industri musik Kpop mengatakan, "Beberapa komposer mengandalkan terlalu banyak pada gaya musik mereka. Produsen hanya hanya menginginkan lagu-lagu populer dan komponis terkenal sudah beroperasi dengan lagu tersebut, jadi sulit untuk menciptakan gaya baru, bahkan kalau dulu komposer punya kesempatan banyak dalam industri ini, tapi sekarang sulit."
Ia melanjutkan, "Para artis dibawah manajemen kami juga memiliki jadwal comeback, tapi masalah selalu ada pada menemukan sebuah lagu yang cocok dari individualitas mereka. Untuk artis baru harus mencari lagu, tapi kadang mereka tidak menemukan apapun"

Perusahaan entertainment sudah mempunyai jadwal untuk para senimana, dan komposer musik harus siap dengan apa yang mereka hadapi di perusahaan. Akhirnya dengan waktu yang singkat, mereka harus menyelesaikan pekerjaan secepat mungkin dan itu jadi salah satu faktor dari lagu yang dibuat, bisa terus-menerus menghasilkan gaya yang sama.

Menurut salah satu analis musik Korea "Saat ini produsen Kpop, membawa beban intens. Tidak peduli seberapa luar biasa berbakat dan artistiknya mereka, tetap akan sulit menghasilkan sebuah karya musik yang berbeda dengan waktu yang sedemikian singkat. Akhir-akhir ini, banyak kelompok Idol yang cepat tampil. Mereka perlu memberikan waktu untuk produsen, supaya memiliki aktivitas kreatif dan tetap tenang dengan mental mereka."

Dari keadaan ini, sekarang banyak orang berpikir dan mudah sekali menebak " Oh penyanyi ini mirip dengan penyanyi itu". Itu sebabnya grup-grup band seperti contohnya Busker Busker, Led Apple, CNBlue mulai menunjukan perhatian dan sensasi lebih di Korea saat ini!.
Banyaknya grup yang mengundur atau menunda comeback juga karena hal tersebut di atas yaitu "belum ada lagu yang pas".

Untuk perusahaan-perusahaan entertainment yang sudah berdiri cukup lama, banyak dari mereka menekankan kepada produsen dan komposer untuk tidak takut dengan tantangan baru yang dihadapi sekarang. Mereka terus mencoba untuk mencari lagu supaya menjadi hits besar, menggali karya-karya penyair berbakat dan mengkolaborasikannya dengan kemampuan mereka sendiri.
Ini adalah salah satu tantangan baru dari industri musik Kpop yang saat ini sedang meraih puncak popularitas hampir diseluruh negara.




Source+photo: Newsen
Credit :Koreanindo/TR