Park Jin Young: “Aku tidak tertarik pada kepopuleran atau uang, Aku hanya takut hidupku jadi membosankan”



Apakah ada lagi orang lain yang punya perjalanan karier seperti ini? Memulai kariernya di industri hiburan sebagai penyanyi lalu menjadi produser dan pencipta lagu dan kemudian sekarang ia justru menjadi seorang aktor.

Ia adalah Park Jin young. Park Jin Young yang mulai tertarik pada bidang akting setelah mencicipi peran kecil di drama Dream High dan sekarang melangkah ke layar lebar dengan membintangi film Five Million Dollar Man. Kali ini, ia tidak berperan sebagai pemeran pendukung, tapi justru sebagai pemeran utama!
Dalam film ini Park Jin Young berperan sebagai Choi Young In yang memiliki segalanya sebagai seorang vice president dari sebuah perusahaan besar.

Atas perintah dari bos-nya, Han Sang Moo, ia pergi untuk mengirimkan uang sebesar 5 juta dollar ketika semuanya mulai terungkap dan ia mulai dikejar-kejar. Selain Park Jin Young, film ini juga dibintangi oleh Jo Sung Ha, Min Hyo Rin dan masih banyak lagi, dan perlu dicatat ini adalah film komedi. Enews berkesempatan untuk bertemu dengan Park Jin Young untuk berbincang-bincang seputar film terbarunya ini.

Sudah cukup lama semenjak terakhir kali anda melakukan wawancara secara personal seperti ini. Anda bahkan tidak pelakukan wawancara semacam ini saat album terakhir anda dirilis beberapa waktu lalu. Mungkin ini juga tidak bisa bagi anda untuk melakukan wawancara seputar film.
“Karena ini adalah pengalaman pertamaku [syuting untuk sebuah film] aku ingin melakukan yang terbaik. Aku tidak pernah berpikir untuk difoto dan diwawancara secara khusus seperti ini selama 10 tahun belakangan ini. Aku suka film dan aku sangat menikmati bicara tentang film. Karena aku juga sebelumnya sering bicara tentang film, maka wawancara ini sebenarnya tidak terlalu sulit bagiku. Tapi untuk soal pemotretan, ini agak sedikit sulit bagiku.”

Banyak orang yang penasaran kenapa anda memutuskan untuk terjun ke dunia akting dan membintangi film ini.
“Tawaran untuk bermain dalam film ini awalnya datang dari penulis skenarion, Chun Sung Il. Aku juga terkejut kenapa bisa ia menawarkan peran ini padaku. Chun Sung Il mengatakan padaku bahwa ia menulis skenario ini sambil membayangkan aku yang memerankannya dan sepertinya aku tampak lucu baginya. Dan kemudian setelah membaca skenarionya aku menemukan hal-hal lucu didalamnya dan hal itu lah yang kemudian menggetarkan hatiku untuk akhirnya mau menerima tawaran ini.”

Film apa yang belakangan ini menjadi film kesukaan anda?
The Artist, The Taste of Money dan The King’s Concubine. Untuk film The Artist, aku menyukainya karena film ini bercerita tentang sebuah kisah yang familiar dan dibuat menjadi menyenangkan. Aku pikir sebuah karya seni yang sesungguhnya adalah ketika seseirang mengekspresikan sesuatu hal dengan cara yang berbeda dari orang kebanyakan atau suatu hal yang belum pernah dilakukan oleh orang lain sebelumnya. Film yang tidak memiliki banyak dialog didalamnya hanya menggunakan ekspresi dan detil yang sangat indah seperti ini sangat menarik perhatianku. Cara suradara Kim Dae Seung memotret acara yang dikisahkan dalam film The King’s Concubine juga sangat mengagumkan.”

Anda adalah seorang seniman. Apakah anda menciptakan sesuatu berdasarkan apa yang belum pernah dilakukan oleh orang lain sebelumnya dan apakah menurut anda, anda mampu untuk mengekspresikan sesuatu dengan cara yang berbeda?
“Ya seperti itu lah. Lagu dari Byul yang berjudul December 32nd aku tulis saat aku sedang menantikan tibanya tanggal 23 Desember. Lagu Rain yang berjudul How to Avoid the Sun aku tulis untuk mengungkapkan sebuah cara baru dari kedua orang pasangan yang putus cinta yang ingin melupakan satu sama lain tapi tidak bisa melakukannya. Dua lagu tersebut aku tulis untuk mengekspresikan sesuatu yang belum pernah dilakukan oleh orang lain sebelumnya, sebitu juga dengan lagu Park Ji Yoon yang berjudul Adult Ceremony, The House You Live In, I Have a Woman, Elevator dan masih banyak lagi.”



Bicara tentang lirik lagu, apakah anda menuliskannya berdasarkan pengalaman anda sendiri?
“Setengahnya adalah kisahku, 30 persen aku dapat dari cerita orang lain, dan 20 persennya lagi berdasarkan imajinasiku saja. Lagu-lagu yang aku tulis berdasarkan pengalaman pribadiku sendiri banyak yang mendulang kesuksesan. Aku sangat membenci ‘kepura-puraan’. Menurutku lebih baik jika jujur tapi canggung. Bahkan ketika meuliskannya terkadang aku juga mempertanyakan sendiri apakah ini benar-benar terjadi.”
“Ketika aku menjadi juri dalam program acara SBS K-Pop Star hal tersebut juga menjadi kriteria penilaianku. Begitu juga dalam hal akting. Meskipun aku berusaha untuk menarik perhatian masyarakat, tapi semua itu harus berasal dari hati. Berasal dari hati kemudian berlanjut kedalam pikiran. Jika itu berasal dari hati kita tapi hanya berkutat di hati saja maka hal tersebut bisa saja tidak menarik perhatian publik. Tapi jika hal tersebut hanya berasal dari pemikiran juga akan berkesan palsu.”

Apakah anda memiliki mimpi dalam karier berakting anda? Apakah itu adalah sesuatu yang hanya dapat anda lakukan sekali seumur hidup?
“Jika aku tidak berpikir bahwa aku melakukan ini untuk hidupku sendiri mungkin aku bahkan tidak akan pernah mau melakukan wawancara ini. Jika aku mendapatkan tawaran untuk bermain film lagi, sepertinya aku akan langsung menerimanya, tak perduli peran apapun yang ditawarkan. Aku hanya takut jika tawaran dari film lain tersebut tidak akan pernah ada datang lagi kepadaku. Aku sangat berterimakasih pada sutradara Kim Ik Ro dan penulis skenario Chun Shung il yang telah meberikan penawaran pertama ini untukku tapi aku akan amat sangat berterimakasih lagi kepada siapa saja yang memberikan penawaran kedua setelah ini.”

Peran seperti apa yang paling ingin anda mainkan pada project akting anda berikutnya?
“Aku ingin menjadi seorang aktor yang dapat mengekspresikan bentuk emosi yang kompleks. Peran sebagai seseorang yang jahat mungkin akan menyenangkan juga. Sepertinya orang seperti aku ini memiliki cakupan peran yang cukup luas. Seperti Jack Nicholson.”

Sepertinya anda sangat percaya diri dengan memutuskan untuk menjadi pemeran utama dalam film pertama anda ini.
“Ya aku memang cukup percaya diri. Dalam hal akting aku melihat bahwa seseorang harus pintar berbohong. Kita harus mempercayai sesuatu yang tidak nyata sebagai sesuatu yang nyata/benar dan juga mempengaruhi orang lain untuk mempercayainya juga. Aku sebenarnya cukup pintar dalam hal itu. Ketika bernyanyi aku menggunakan bakatku ini untuk membuat orang-orang mepercayai sesuatu hal yang tidak nyata untuk menjadi nyata sementara waktu.”

“Penulis skenario Chun Sung Il mengatakan padaku bahwa ia menulis skenario ini sambil membayangkan aku memerankannya. Sama halnya dengan ketika aku menyanyikan sebuah lagu, aku menyanyikannya dengan emosi seolah-olah aku adalah orang yang diceritakan dalam lagu tersebut dan aku pikir ia [Chun Sung Il] melihat hal itu dan kemudian menawarkan peran tersebut padaku.”


Tapi meskipun dengan percaya diri yang tinggi seperti itu pun aku yakin bahwa berakting tidak lah dapat dilakukan dengan mudah
“Aku yakin bahwa aku dapat fokus dalam mengekspresikan perasaan sebanyak yang dilakukan oleh para aktor lainnya tapi aku tidak pintar dalam berakting dengan berdasarkan pada apa yang diperintahkan orang lain untuk aku lakukan. Seorang aktor harus bisa melakukan pa yang diperintahkan oleh sutradara untuk diperankan. Tapi seorang penyanyi hanya melakukannya berdasarkan apa yang ia rasakan. Itu ah perbedaannya. Aspek ini lah yang menjadi sedikit kesulitan untukku, ini lah bagian dari diriku yang masih perlu dilatih lagi.”
“Aku sangat bersyukur karena untuk film ini aku dan sutradara tidak banyak memiliki interpretasi yang berbeda. Karenanya bahkan aku juga tidak banya melakukan NG selama proses syuting berlangsung. Ada suatu kali aku melakukan NG sampai-sampai adegan tersebut harus diulang hingga lebih dari 20 kali. Tapi ada juga adegan yang hanya aku ulang dua kali saja sudah dianggap sempurna.”

Bagaimana rasanya bekerjasama dengan para aktor lainnya?
“Untuk Jo Sung Ha aku memberi nilai 99 persen. Dan untuk akting Min Hyo Rin yang terlihat sepertinya ia tidak sedang berakting sama sekali yang mana aku sangat menyukainya, aku rasa ia hanya menjadi dirinya sendiri. Ia adalah seorang teman yang sangat berbakat dalam hal akting.” 

Anda juga berakting dalam drama Dream High. Apa perbedaan yang anda rasakan saat berakting dalam drama tersebut dengan berakting di film ini?
“Sebelumnya aku merasa aku hanya seperti membuat sketsa saja. Banyak hal yang terjadi diluar ekspektasiku yang mana cukup menyenangkan. Aku tidak merasa seperti sedang berakting. Namun kali ini, aku benar-benar harus fokus.”

Dengan tidak lama lagi film pertama anda ini akan ditayangkan secara perdana, apakah anda merasakan abanyak tekanan?
“Awalnya semua terasa mudah. Namun dengan semakin dekatnya waktu premiere film ini aku merasa semakin gugup. Aku pikir ini karena orang-orang lain. Sebenarnya aku tidak takut jika film ini nantinya jatuh dipasaran, tapi jika hal tersebut terjadi maka akan berpengaruh pada orang-orang lain, karenanya aku khawatir jika akan ada banyak orang yang terpengaruh kerana aku.”
“Aku banyak melakukan kesalahan sepanjang hidupku, untungnya aku tidak pernah mengalami suatu hal yang hingga menyebabkan aku tidak dapat melakukan apapun selanjutnya. Aku bukan tipe orang yang akan merasa menyesal atau mengasihani diiri sendiri ketika melakukan kesalahan. Aku tidak pernah merasa depresi bahkan hanya 1 detik sekalipun dalam 40 tahun kehidupanku.”

Apa rencana anda selanjutnya untuk di bidang musik?
“Musik adalah energiku. Sepanjang 18 tahun masa karierku aku telah menulis 47 lagu yang berhasil mendapat peringkat pertama. Sungguh gila. Lagu terbaru Wonder Girl yang berjudul Like This adalah lagu ke-47-ku yang menempati peringkat utama.”

“Dalam 18 tahun usia karierku ini, untuk tahun ini aku telah menulis 3 lagu yang berhasil meraih peringkat pertama. Inilah alasannya kenapa sampai saat ini aku masih dapat berdiri di atas panggung. Aku akan terus melanjutkan karier bermusikku.”


Setelah anda bercerai sekarang apakah anda memiliki rencana untuk memiliki kehidupan percintaan yang baru?
“Ada jenis cinta yang akan memberikanmu rasa nyaman dan juga semangat. Aku tidak percaya bahwa seseorang harus berkompromi untuk mendapatkannya. Aku harus berusaha untuk dapat menemukan jenis cinta yang yang seperti itu.” 

Apakah anda percaya bahwa anda akan dapat melakukan hal-hal yang menyenangkan untuk anda dan membuat hati anda bergetar?
“Kemarin aku hanya belajar sekitar 9 jam saja. Belajar itu menyenangkan. Belakangan ini aku merasa bahwa bahkan mempeajari tentang agama pun bisa menyenangkan. Aku pikir hal yang paling bermakna yang dapat dimiliki seseorang adalah pembelajaran. Aku sangat bersemangat saat mendengar bahwa belum lama ini mereka menemukan partikel Higgs.” 

Anda juga belajar di sekolah tinggi bukan?
“Karena kewajiban militerku dulu aku tidak dapat lulus dari universitas. Aku belajar tetang bagaimana membawakan sebuah program talk show dalam sebuah acara yang aku hadiri tapi karena aku merasa bahwa ada banyak orang lain yang lebih berbakal dariku di bidang tersebut, maka aku pun menyerah.”

Aktor seperti apa yang anda harapkan anda dapat menjadi seperti itu?
“Aku hanya ingin dapat dilihat dengan mudah. Bukan hanya sekedar aktor atai penyanyi saja, tapi juga seseorang yang ramah. Aku ingin menjadi seseorang yang dapat dengan mudah membuat orang lain menangis dan tertawa. Setelah menjadi seorang aktor aku pikir aspek ini mendewasakan diriku, sesuatu dimana aku pikir aku hanya menggunakan tangan kananku saja untuk melakukannya namun ternyata tina-tiba tangan kiriku pun juga ikut melakukannya. Aku pikir diriku ini persis seperti Ms. Kim Ok Jin yang telah meninggal dunia and Nam Bo Won, atau senior Yoon Moon Shik.”

Apakah anda berpikir bahwa keinginan anda untuk bertualang terlalu besar?
“Aku tidak terlalu tertarik pada uang yang banyak atau pun kepopuleran. Jika aku memang hanya berpikir untuk menghasilkan uang yang banyak saja maka aku pun tidak akan membawa Wonder Girls jauh-jauh ke Amerika. Aku hanya perlu bepergian berkeliling Asia dan menikmati hasilnya saja. Aku tidak takut pada kekayaan atau popularitas, Aku hanya takut jika kehidupanku nantinya akan menjadi membosankan.”

Photo credit: Hea Jung Min
Source: enewsworld (Interview dilakukan oleh reporter Oh, MiJung dan terjemahan dari bahasa Korea ke Inggris dilakukan oleh Stewart Ho)
Credit : hallyucafe

Comments

  1. ini ahjussi udah married belum sih ??

    ReplyDelete

Post a Comment

Terima Kasih sudah memberikan komentar dihalaman IniSajaMo