Penulis siaran MBC memprotes keputusan untuk memecat seluruh staf 'PD Notebook'

 

Meskipun industri penyiaran Korea telah kembali normal setelah berakhirnya pemogokan selama 6-bulan terhadapMBC awal musim panas ini, ketegangan  bergejolak sekali lagi setelah pemecatan seluruh kru penulis naskah  PD Notebook’, sebuah program investigasi jurnalisme Korea Selatan  (mirip dengan ‘60 Minutes‘ di Amerika).

Protes, yang diselenggarakan oleh Asosiasi Penulis TV & Radio Korea, dimulai pukul 11:00 pada tanggal 6 Agustus di depan kantor utama MBC di Yeouido.

Untuk pertama kalinya dalam 40 tahun sejarah asosiasi itu, penulis naskah dari semua bagian penyiaran - masyarakat, drama, variasi, radio, dan terjemahan - keluar secara massal untuk memprotes pemecatan yang tidak adil pada staf 'PD Notebook'.

Meskipun asosiasi secara resmi meminta pertemuan dengan Presiden MBC Kim Jae  Chul, permintaan itu dipenuhi tanpa respon dan organisasi menuju ke protes dengan tujuan mengembalikan para penulis naskah PD Notebook' kembali ke posisi mereka.

Setelah protes tersebut, Asosiasi ini dijadwalkan untuk mengadakan daftar tanda tangan dan tuntutan ke kantor Presiden.

Mantan Produser PD Notebook’ Jung Jae Hong, menandai pemecatan massal ini sebagai sarana balas dendam. "Penulis lain bertanya kepada saya suatu hari mengapa mereka menerima surat perekrutan sebagai anggota staf 'PD Notebook'. Begitulah aku tahu kebenaran, "katanya. "Ketika saya bertanya mengapa mereka melakukan hal seperti itu, kantor memberikan alasannya. Seorang penulis siaran harus netral, dan para penulis tidak menaati aturan ini dengan berpihak kepada serikat pekerja. "

"Memang benar bahwa netralitas dan alasan dituntut dari seorang penulis hidup dan budaya. Tapi ini hanya berlaku untuk produksi program itu sendiri. Apakah
mendukung atau tidak serikat buruh atau stasiun adalah pertanyaan dari hati nurani dan kebebasan berbicara. "


Protes bermula ketika MBC tiba-tiba memecat 6 kelompok dari hari Rabu yang lalu tanpa menjelaskan keputusan mereka untuk melakukannya.

Para penulis yang dipecat telah berpartisipasi dalam pemogokkan terhadap MBC selama tiga bulan terakhir. Perusahaan ini menegaskan tidak akan lagi mempekerjakan para penulis.

Segera setelah berita PHK tersebut, penulis memprotes langkah itu dan mengatakan itu bertentangan dengan hukum tenaga kerja untuk memecat orang tanpa memberikan pemberitahuan terlebih dahulu dari satu atau dua bulan. Mereka menyatakan para penulis dipecat diberhentikan tanpa pemberitahuan sebelumnya.

Penulis populer juga mengecam tindakan perusahaan dan menawarkan dukungan mereka untuk para penulis yang dipecat.

778 penulis dari empat stasiun penyiaran utama _ KBS, MBC, SBS, dan EBS _ serta penulis lepas subkontrak mengatakan boikot akan dipertahankan sampai enam penulis yang dipecat dipekerjakan kembali.

Penulis drama TV populer seperti "A Gentleman's Dignity" dan "Sign" yang ditayangkan di SBS berkata, "Pemecatan para penulis ini adalah melawan akal sehat. Orang yang benar-benar harus dipecat adalah presiden MBC sendiri.".

Penulis lain dari KBS dan MBC juga mendukung boikot mengatakan "Perlawanan kalian akan membawa kembali keadilan penyiaran dan akal sehat. Kami mendukung Kalian.".


Source: Newsen via Nate (1) (2) 
allkpop
Trans Ind :IniSajaMo




Comments