Berkat "Gangnam Style", Kuliner Korea Naik Daun




Tarian Gangnam Style telah mendunia. Kepopuleran tarian modern artis Psy ini turut mempengaruhi menyebarnya wabah baru, yaitu kuliner Korea.

Para ahli tren makanan dan supermarket memprediksi hidangan Korea seperti kimchi, bulgogi dan bibimbap akan menjadi salah satu makanan favorit dunia asal Asia, seperti tom yam dari Thailand. 

"Minat orang pada makanan Korea meningkat," ujar pembawa acara SBS Food Safari, Maeve O'Meara. Makanan Korea menurutnya memiliki citarasa lezat dan baik bagi kesehatan.

Restoranlah yang pertama kali mengalami peningkatan akibat tren Korea. "Pemesanan pada restoran kami meningkat 50 persen daripada tahun lalu," ucap Stevan Premutico, CEO dan Pendiri situs restoran online Dimmi kepada News.

Premutico menyebut,"Kuliner Korea adalah kuliner Meksiko yang baru."

Juru bicara supermarket Coles Anna Kelly mengatakan tren makanan saat ini adalah masakan rumahan. Korea dikenal dengan makanan yang diolah di rumah dengan banyak menggunakan sayur mayur dan bumbu seperti bawang putih. "Anda bisa mengatakan 'Gangnam Style' telah sampai ke supermarket dan menjadi tren signifikan," katanya.

Charmaine Solomon yang menulis buku resep Complete Asian Cookbook mengenai masakan Asia, mengatakan setelah kepopuleran kuliner Cina, Thailand dan India, Korea adalah makanan berikutnya yang bakal mendunia.

"Orang-orang merasa tertarik untuk mencoba makanan yang berbeda. Selama mengikuti resep dengan baik, Anda tidak bisa salah."

Gaya memasak Korea barbekyu, katanya menarik untuk diadaptasi banyak orang di Australia. Selain makanan ala Korea, pertumbuhan permintaan bahan segar dari Asia juga meningkat. Diantaranya, kecap dan ikan, pasta kari, dan rempah-rempah. Peningkatannya 15 hingga 25 persen dibanding tahun lalu.



Shared By IniSajaMo

Comments