Cara Memesan Taksi dan Mobil Van di Korea Selatan



Taksi di Korea Selatan memiliki jumlah yang berlimpah, kondisi yang bersih, aman, dan terjangkau. Jika ingin menaiki taksi, chingudeul bisa memanggilnya dipinggir jalan, menaiki taksi yang sedang menunggu penumpang atau juga bisa dengan cara memesan taksi lewat telefon. Namun, tarif sedikit lebih mahal jika chingudeul memesan taksi lewat telefon. Selain itu, para pengemudi taksi sudah banyak yang bisa berbahasa Inggris sehingga memudahkan chingudeul yang kurang paham berbahasa Korea.

Taksi di Korea Selatan khususnya di Seoul saat ini sudah bisa menerima pembayaran lewat kartu kredit atau kartu prabayar seperti Korea Pass atau T-Money. Yang perlu diketahui adalah tarif taksi di kota-kota di Korea Selatan berbeda-beda.


Jenis-jenis Taksi
  • Taksi Umum

Sistem tarif didasarkan pada jarak dan waktu. Tarif dimulai pada ₩ 2.400 untuk 2 kilometer pertama dan naik bertahap ₩ 100 setiap 144 meter. Jika taksi berkecepatan kurang  dari 15 kilometer per jam, biaya tambahan sebesar ₩ 100 per 35 detik akan ditambahkan ke ongkos. Ongkos antara Bandara Internasional Incheon dan pusat kota Seoul biasanya sekitar ₩ 50.000 (termasuk tol). Tarif meningkat 20% antara tengah malam dan pukul 04.00 pagi.


  • Deluxe Taxi

Deluxe Taxi disebut "mobeom" taksi di Korea, berwarna hitam dengan tanda kuning di bagian atas dan bertuliskan "Deluxe Taxi". Deluxe Taxi menawarkan ruang penumpang lebih besar dan standar layanan yang lebih tinggi. Tarifnya ₩ 4.500 untuk 3 kilometer pertama dan ₩ 200 untuk setiap 164 meter atau setiap 39 detik jika kecepatan turun di bawah 15 kilometer per jam. Tarif biasa antara Bandara Internasional Incheon dan pusat kota Seoul adalah sekitar ₩ 80.000 won (termasuk tol). Deluxe Taxi tidak ada biaya tambahan dimalam hari, tersedia di stand yang terletak di hotel, stasiun, terminal bus, dan jalan-jalan kota besar. Chingudeul juga bisa memesannya disini: 02-558-8000 (Inggris dan Jepang).

  • Jumbo Taxi
Jumbo Taxi

 Mobil Van

Jumbo Taxi sangat cocok untuk chingudeul yang berwisata beramai-ramai karena bisa menampung 8 orang atau lebih. Selain itu, taksi ini dilengkap dengan penerjemah bahasa melalui telefon, mesin debit, dan juga mesin kartu kredit. Tarif yang dikeluarkan oleh Jumbo Taxi juga mirip dengan Deluxe Taxi. Selain itu, dengan bagasi yang cukup besar, chingudeul bisa membawa barang lebih banyak. Nomer telefon pemesanan 02-888-2000 (Inggris dan Jepang).

PERHATIAN : Jika chingudeul ingin memesan Jumbo Taxi, pastikan costumer servicenya untuk tidak memesan Mobil Van. Walaupun bentuknya hampir mirip, biaya Mobil Van berdasarkan ukuran dan jumlah bagasi, dan juga bisa negosiasi masalah tarif karena bukan melalui argometer. Jumbo Taksi memiliki label “JUMBO TAXI” di tanda bagian atas dan sisi mobil.

Perbedaan Jumbo Taxi dengan Mobil Van



  • International Taxi
Contoh taksi yang masuk katagori International Taxi

Sejak tanggal 1 Mei 2009, Korea meluncurkan layanan khusus "International Taxi", dimana pengemudi taksi dapat berbicara bahasa Inggris atau Jepang. Untuk menggunakan International Taxi, chingudeul harus melakukan pemesanan atau reservasi terlebih dahulu. Biaya taksi dapat dihitung berdasarkan argometer, tujuan, atau waktu. Misalnya, jika chingudeul memilih untuk menyewa taksi reguler selama 3 jam akan dikenakan biaya ₩ 50.000, dan chingudeul bahkan dapat menyewa selama satu hari untuk ₩120.000. Chingudeul bisa membayar tarif taksi dengan tunai atau via kartu kredit Internasional (VISA, MASTER, AMEX, JCB).

Selain itu, bandara Incheon dan Gimpo menyediakan pusat informasi International Taxi, dimana chingudeul dapat melakukan reservasi, memeriksa status pemesanan yang ada, dan juga menerima berbagai informasi bermanfaat lainnya. Ada juga ruang tunggu khusus untuk International Taxi.

Chingudeul juga bisa bertanya-tanya dan memesan International Taxi dengan menelfon call center eksklusif (1.644-2.255). Layanan ini tersedia dalam bahasa Inggris dan Jepang, dan pelayanannya selama  24 jam sehari, 365 hari setahun non-stop. Reservasi juga dapat dilakukan secara online di www.intltaxi.co.kr

☞ Lokasi Pusat Informasi International Taxi di Bandara :
Bandara Incheon: Antara Pintu 8 dan Pintu 9 dibagian kedatangan penumpang (Tel: 070-7508-2255).
Bandara Gimpo: Antara Pintu 2 dan Pintu 3 dibagian kedatangan penumpang.

☞ Reservasi : http://www.intltaxi.co.kr:8099/intltaxi/html/en/reservation/airport_seoul.jsp

  • Brand Taxi (Call Taxi)

Dengan menggunakan jaringan GTS yang ada di dalam taksi ini, call center bisa langsung mengecek lokasi taksi yang kosong yang terdekat. Sehingga chingudeul bisa mendapatkan taksi dengan cepat. Taksi jenis ini mirip dengan Regular Taxi, tarifnya juga sama dengan Regular Taxi. Jika chingudeul menggunakan call center untuk taksi, biaya panggilan tambahannya ₩1.000. Biaya panggilan tambahan hanya dikenakan ketika tarif mencapai ₩10.000 atau kurang. Jika tarifnya lebih dari ₩10.000, biaya panggilan akan dibebaskan. Jika chingudeul berencana untuk menggunakan layanan Brand Taxi, hubungi 1330 TT call center (Pusat Tourist Information) atau meminta hotel atau staf guesthouse untuk mengatur layanan.

* 1330 tt call center: +82-2-1330
* 120 Dasan Call Center: +82-2-120



Source :  Korea Tourism Organization (Indonesia)
Shared By IniSajaMo

Comments