Choi Sung-bong, Anak Jalanan Yang Menjuarai Korea's Got Talent

 sung-bong

Untuk pertama kalinya bintang-bintang Youtube berkumpul dalam satu festival pada 28-29 September 2012 di Madrid, Youtube Festival (YouFest). Bintang-bintang itu adalah orang-orang biasa yang mendadak beken karena Youtube. 
 
Bintang yang diundang ke festival itu adalah mereka yang inspiratif, menggelikan, mengagumkan, mengagetkan, dan sejenisnya, yang videonya di Youtube ditonton lebih dari 50 juta kali. Misalnya, Choi Sung-bong, asal Korea Selatan yang salah satu videonya ditonton lebih dari 64 juta kali. Ada puluhan bintang yang hadir di sana yang dikumpulkan dari 15 negara.


Sung-bong, kelahiran Korea Selatan 18 Februari 1990, menjadi magnet tersendiri di acara itu. Mungkin karena demam K-Pop sudah melanda dunia dan kehadiran Sung-bong mewakili budaya Korea dari sudut yang berbeda. Bedanya adalah Sung-bong menyanyi dalam jenis lagu seriosa, bukan lagu pop seperti kelompok Super Junior (SuJu), misalnya.

Siapakah Sung-bong? Ia adalah anak jalanan yang berhasil menjadi juara kedua Korea's Got Talent 2011 yang perjalanan hidupnya menginspirasi dunia. Saat usianya tiga tahun, Sung-bong sudah masuk panti asuhan. Namun ketika berusia lima tahun ia kabur dari yayasan panti asuhan itu karena sering dipukuli teman-temannya. Sejak itu ia hidup di jalanan sendirian, tidur di bawah jembatan atau toilet umum. Untuk hidupnya ia jualan kembang gula dan energy drink. Kemudian jadi pengantar susu dan penjaja koran mulai usia delapan tahun.

Suatu kali ia bertemu seorang perempuan pedagang makanan yang menanyakan siapa namanya. Saat itu ia bingung karena ia tak tahu namanya sendiri. Perempuan itu memberinya nama Ji Sung. Sung-bong akhirnya tahu namanya setelah melacak akte kelahirannya di yayasan panti asuhan beberapa tahun kemudian. Ia tak sempat sekolah dan menyelesaikan SMP-nya lewat ujian persamaan. Lalu masuk SMA.

Kemampuan nyanyinya sendiri didapat dengan belajar otodidak. Suatu kali ketika berusia 14 tahun, Sung-bong ngintip penyanyi opera menyanyi di atas panggung di sebuah nightclub. Tiba-tiba saja ia tertarik untuk jadi penyanyi opera. Namun untuk ikut kursus perlu biaya. Ia kemudian belajar nyanyi sendiri. Untung kemudian ia bertemu guru vokal yang mau mengajarinya secara gratis, yaitu Park Jung-So.

Ketika ia tampil di panggung Korea's Got Talent, Sung-bong mengejutkan juri dan penonton karena kemampuan nyanyinya yang luar biasa. Itu kontras dengan masa kecilnya yang tidak bahagia. Ia pun berhasil masuk grand final dan jadi juara kedua di bawah penari Korea, Joo Ming-Jong.

Meski begitu, justru Sung-bong-lah yang mempopulerkan Korea's Got Talent ke seluruh dunia. Hal ini karena videonya di Youtube yang mengguncang dunia hingga ditonton lebih dari 60 juta kali. Sejumlah komentar menyebutkan kalau Sung-bong adalah The Next Susan Boyle, penyanyi antah-berantah Inggris yang menjadi bintang dunia.

 

Kini Sung-bong tak lagi jadi anak jalanan. Hidupnya berubah drastis setelah Korea's Got Talent itu dan berkat Youtube. Selain manggung di negaranya, ia mendapat undangan dari berbagai belahan dunia, termasuk tampil di AS dan juga YouFest itu. Gurunya, Park Jung-So, ikut mendampinginya dan tampil di acara itu. Ia juga segera punya album lagu.

Ada hal menarik antara Choi Sung-bong dan kegemarannya menyanyi. Kepada CNN ia mengaku dulu hidupnya terasa tak berarti. Karena itu ia berkali-kali mencoba bunuh diri. Namun kegalauannya berubah saat mendengar musik. "Saya merasa tenang ketika mendengarkan musik. Musik satu-satunya teman saya ketika saya merasa kesepian," katanya.


Source : m.andriewongso.com 

Comments