Ingin Jadi Artis Sejak Kecil, HyunA Gagal Audisi 50 Kali

 

Personel 4Minute HyunA kini sedang disibukkan dengan promosi album solonya 'Melting'. Sukses dengan satu single dan dua mini album, HyunA pun mengaku memang sudah bercita-cita jadi penyanyi sejak kecil.

HyunA lahir di Seoul, 6 Juni 1992. Ia bersekolah di Chungam Middle School dan Korea High School of Music and Arts. Saat ini ia berkuliah di Universitas Konkuk jurusan Art Culture dan masuk tanpa tes.

Dikenal sebagai rapper, penyanyi, dan penari berbakat, HyunA ternyata sudah mengasah bakatnya sejak kecil. Ia bahkan sudah mengikuti berbagai audisi saat masih duduk di kelas 2 sekolah dasar.

"Aku mulai mengikuti audisi ketika aku hanya berusia 7 tahun," ujar HyunA.

Beruntung kedua orangtuanya mendukung cita-cita sang putri. HyunA pun kerap diantar untuk mengikuti berbagai audisi. Meski demikian, HyunA berulang kali gagal.

Saat itu bukan audisi untuk jadi penyanyi yang diikutinya, tetapi audisi untuk jadi aktris. Namun audisi untuk jadi aktris juga harus menampilkan keterampilan khusus seperti menari, menyanyi, atau bertingkah imut (aegyo).

"Ketika kau ikut audisi akting, kau harus memperlihatkan mereka bakat spesial. Kamu harus menyanyi, menari, atau memamerkan aegyo. Tapi aku tak pernah punya persiapan seperti itu jadi aku gagal sekitar 50 kali," sambungnya.

Gagal di akting, HyunA kemudian tertarik pada dunia menari. Ia akhirnya berhasil audisi sebagai penari dan langsung diterima di JYP Entertainment. Ia pun debut bersama Wonder Girls pada 2007.

"Aku memutuskan untuk mencoba hal ini yakni menari dan ketika aku kuliah aku menonton para oppa sedang b-boy (breakdance). Mereka sangat fresh dan cool. Aku mencoba menari dan audisi untuk JYP dan aku langsung diterima dalam satu kali audisi. Aku pikir menari cocok denganku," pungkasnya.

 Namun, atas alasan kesehatan, HyunA diminta keluar oleh sang ibunda. Ia kemudian bergabung dengan Cube Entertainment pada 2008 dan debut kembali bersama 4Minute pada 2009.

Perjalanan karier HyunA memang diwarnai berbagai kontroversi. Single solo pertamanya 'Change' (2010) dianggap memiliki tarian yang provokatif sehingga single itu hanya boleh dijual pada pembeli berusia 19 tahun ke atas. Ironisnya, saat itu HyunA sendiri baru berusia 18 tahun.



Setahun kemudian HyunA memulai karier solo. Sejak saat itu image dirinya pun dinilai sebagai seksi bahkan kerap dibandingkan dengan penyanyi Lee Hyori yang mendapat julukan diva seksi. Bagaimana tidak, setelah 'Change' HyunA merilis 'Bubble Pop' setahun kemudian. Tarian dan pakaiannya juga dianggap tak cocok bagi anak kecil dan remaja sehingga lagu itu dilarang ditampilkan di televisi.

Namun, di YouTube video klip itu sangat populer sehingga ditonton 5 juta kali hanya dalam satu minggu. Kini video yang diunggah 4 Juli 2011 itu sudah ditonton 37 juta kali. Bahkan 'Bubble Pop' berada di tempat kedua sebagai video klip KPop paling banyak ditonton di YouTube sepanjang 2011.




Kontroversi terus berlanjut saat Hyuna duet dengan Hyunseung 'BEAST' lewat 'Trouble Maker'. Dilanjutkan dengan menjadi model video klip Psy 'Gangnam Style' dan terakhir title track dari album solo keduanya 'Ice Cream'.

Meski selalu dianggap seksi, HyunA sendiri mengaku tak terlalu menjaga pola makan untuk merawat bentuk tubuhnya. Ia hanya berusaha banyak bergerak dan memantau berat badannya.

"Aku suka makan banyak dan menghilangkan stres lewat makanan. Tapi, kadang berat karena semua perhatian yang kudapat karena tubuhnya. Aku selalu memperhatikan bahkan jika berat badanku naik sedikit. Aku juga lebih suka naik tangga dibanding lift," ujar HyunA.




Credit :detikHot/IniSajaMo

Comments