Mengenal Makanan Korea di Berbagai Provinsinya


 

Bukan hanya Indonesia saja yang memiliki makanan yang beragam dan berfariasi dari Sabang sampai Mauroke. Di Korea pun memiliki hal serupa terutama dalam makanannya, Meskipun Korea saat ini dipisahkan menjadi selatan dan utara, bangsa ini pernah dibagi menjadi delapan provinsi sesuai dengan distrik administratif dari Dinasti Joseon. 

Wilayah utara termasuk Hamgyeong Provinsi Pyeongan Provinsi Hwanghae dan Provinsi; wilayah tengah terdiri dari Provinsi Gyeonggi, Provinsi Chungcheong dan Gangwon Provinsi, dan wilayah selatan terdiri propinsi Gyeongsang dan Provinsi Jeolla.


Bicara soal makanannya lagi, saat kita mencicipi masakan Korea banyak sekali keunikan terutama soal cita rasanya. kita pun perlu tahu makan asal Korea berdasarkan wilayahnya. Berikut ini saya akan mengupas sedikit makanan Korea terkenal yang berasal dari bebagai wilayah di Korea. 

Seoul

ac0f1a29463bcd5492596e77f3e9392c_korean-foodse2809d-sinseollo-dan-gujeolpane2809d
Korean foods” sinseollo dan gujeolpan

Seoul telah menjadi ibukota selama lebih dari enam ratus tahun, sejak Dinasti Joseon awal, dan tradisi budaya makanan dari istana telah bertahan dan memiliki pengaruh besar pada budaya makanan dari kelas bangsawan dan kelas menengah. Kaum bangsawan juga menekankan formalitas karena pengaruh Konfusianisme. Namun,kelahiran Seoulites mengharuskan hemat dan tidak memasak dalam jumlah berlebihan. Sebaliknya, mereka menyiapkan berbagai macam hidangan dan membuat mereka terlihat menarik dengan menyiapkan makanan dalam bentuk kecil.

Makanan di daerah Seoul mencolok dan termasuk hidangan mengagumkan seperti sinseollo, gujeolpan (piring dari sembilan hidangan) dan tangpyeongchae (kacang hijau jelly dicampur dengan sayuran dan daging sapi), yang dihiasi dengan hiasan dalam lima warna berbeda, seperti kertas tipis irisan telur goreng, irisan cabai dan manna lichen. Makanan ini sering dibumbui dengan jus udang asin tapi cukup asin. Berbagai lauk yang dinikmati, termasuk ikan asin kering dan acar sayuran.

Provinsi Gyeonggi 

Korean Food “Tulang rusuk sapi panggang dari Suwon

Masakan degan tema sederhana dan beragam mungkin bisa menjadi salah satu makanan yang khas di Provinsi Gyeongg. Lain halnya di daerah Gaeseong, makanan ini umumnya polos dan sederhana. Rempah-rempah yang dipergunakan juga dimoderasi. Salah satu makanan yang mendapatkan popularitas yakni Tulang rusuk sapi panggang dari Suwon. Di daerah Gaeseong, joraengi beras kue sup, sup dimasak dengan panjang, kue beras putih dipotong dalam bentuk ulat dengan pisau kayu, dan yakgwa, campuran tepung, minyak wijen, alkohol, jus jahe dan garam ditekan tipis dan dipotong kotak, digoreng dan dilapisi dengan sirup pati, adalah makanan populer.

Provinsi Chungcheong

korean-food-e2809colgaengie2809d
Korean Food “Olgaengi

Kabarnya dulu hanya makanan laut asin atau kering yang dinikmati di wilayah ini. Makanan di provinsi ini tidak mewah dan bumbu yang digunakan hemat untuk mempertahankan rasa alami bahan. Di musim dingin, kacang direbus dan disimpan dalam sebuah kotak kayu atau keranjang selama dua atau tiga hari. Olgaengi merupakan sebuah kerang air tawar ditemukan di sungai jernih dan dangkal, digunakan dalam sup dan rebusan kacang pasta atau direbus dan dibumbui untuk dilayani dengan minuman. Tiram tertangkap lepas pantai Seosan dibilas dengan air laut dan asin. Setelah disimpan selama sekitar dua minggu, mereka berpengalaman dalam cabai bubuk halus. Ini disebut eoriguljeot.

Provinsi Gangwon

korean-food-e2809cmie-sobae2809d
Korean Food “Mie soba
(Sumber Gambar : http://msholihulh.wordpress.com/)

Jagung, Soba dan Kentang adalah produk utama daerah ini. Pada masa lampau makanan biji-bijian dan sayuran liar yang dikonsumsi untuk mengurangi kelaparan, meskipun mereka sering digunakan sebagai hidangan mewah hari ini.daerah ini juga sangat terkenal dengan makanan hasil lautnya yang melimpah. Bukan hanya itu kentang contohnya bisa dikukus atau difermentasi untuk menghasilkan pati, yang digunakan untuk membuat mie, sujebi (sup dengan potongan adonan ditarik), bubur dan songpyeon (setengah-kue bulan beras). Mie soba asli dibuat dengan bubuk soba pencampuran dengan air panas, menekan adonan melalui bingkai mie dan topping mi dengan kimchi lobak dan pasta cabai. Makanan ini lebih dikenal sebagai Chuncheon makguksu (Chuncheon mie soba gaya dengan sayuran) yang dibuat dengan cairan dari kimchi air atau kaldu ayam hutan.

Pulau Jeju
korean-foode2809d-abalone-bubure2809d
Korean Food” Abalone bubur
(Sumber Gambar: http://www.flickr.com/)

Pulau Jeju merupakan salah satu pulau tersohor di Korea, bukan hanya itu di pulau ini juga terkenal dengan keunikan kulinernya yang menambah cita rasa bagi siapapaun yang ingin mencicipiya. Sebagai pulau paling selatan Korea, Pulau Jeju memiliki iklim hangat. Penduduk desa ini kebanyakan berprofesi sebagai penyelam ikan . Di Gunng Hallasan juga tumbuh jamur , tanaman liar dan juga pakis. Jeruk keprok, abalone dan breams adalah yang paling terkenal produk khusus.

Ketekunan dan kesederhanaan warga Jeju tercermin dalam makanan mereka. Mereka tidak menyiapkan makanan dalam jumlah besar. Bumbu tidak banyak digunakan dan makanan yang relatif asin. Pulau Jeju secara tradisional menjadi pusat terkenal panen abalon. Ini dapat dinikmati baku dalam bentuk sashimi. Abalone bubur yang dimasak dengan tumis menggoreng nasi yang telah direndam dalam air dengan minyak wijen, merebus beras setelah menambahkan air dan usus segar kebiruan dan menambahkan abalone iris, adalah kelezatan dengan aroma yang unik dan warna kebiruan. Bubuk soba dibuat menjadi adonan lembut dan ditumis di iris setipis kertas, kemudian dibuat menjadi gulungan diisi dengan irisan lobak putih. Ini disebut bingtteok, hidangan lokal Pulau Jeju yang merupakan pusat ritual dan perjamuan.



http://sayhitohenny.blogdetik.com/2012/07/03/mengenal-makanan-korea-di-berbagai-provinsinya/

~ IniSajaMo ~








Comments