Korea Selatan, KPop, dan Wajib Militer

 


Wajib militer menjadi topik minggu ini setelah leader Super Junior Leeteuk resmi menjalankan kewajibannya itu, Selasa 30 Oktober lalu. Sebagai pria dewasa sehat di Korea, Leeteuk harus meninggalkan dunia hiburan untuk 21 bulan.

Kepergian Leeteuk menjadi emosional karena ia selalu menjadi leader yang baik bagi Super Junior. Banyak yang khawatir akan kondisi Super Junior jika Leeteuk tak ada. Leeteuk pun tampaknya punya kekhawatiran yang sama.

Mengapa pria di Korea harus menjalani wajib militer? Di Korea, ada yang disebut dengan Four Constitutional Duties atau Empat Tugas Konstitusi yang harus dijalankan oleh semua pria dewasa berumur 18-35 tahun. Empat Tugas Konstitusi itu antara lain pajak, pendidikan, pekerjaan, dan wajib militer.

Lama wajib militer juga bermacam-macam. Untuk angkatan darat dan Marine Corps 21 bulan, Navy 23 bulan, dan Air Force 24 bulan. Itu untuk pria yang melewati tes kesehatan dengan baik. Bagi yang pernah mengalami kecelakaan atau punya penyakit serius, bisa menggantinya dengan bertugas di pelayan publik selama 24 sampai 26 bulan.

Korea Selatan adalah satu dari 24 negara di dunia yang punya wajib militer bagi warganya. Hal ini menjadi mencolok karena mau tidak mau para selebriti yang berada di puncak karier pun harus menjalaninya. Jika tidak, hukuman penjara pun menanti karena menghindari wajib militer sama dengan melanggar hukum.

Untuk menyiasati agar tak 'mengganggu' karier, para idola itu biasanya menunda wajib militernya sampai batas usia. Penyanyi dan aktor Rain bahkan menunda panggilan wajib militernya beberapa kali sampai akhirnya bergabung September 2011 lalu. Begitu juga dengan Leeteuk yang masuk wajib militer di usia 29 tahun (30 tahun usia Korea).

Meski demikian, ada pula selebriti yang menyelesaikan wajib militernya sebelum debut menjadi selebriti. Mereka jadi bisa menjalani karier dengan tenang tanpa terganggu. Seperti yang dilakukan personel 2AM Changmin.

Changmin selesai mengikuti wajib militer pada 2008 lalu di usia 22 tahun. Di tahun yang sama, ia kemudian debut bersama 2AM. Changmin menjadi satu-satunya idola KPop yang selesai wajib militer sebelum debut.

Saat ini banyak sekali nama besar yang masih menjalani kewajibannya tersebut. Dari Leeteuk, Hyun Bin, Rain, Heechul 'Super Junior', Hwanhee, Wheesung, dan masih banyak lagi.



Cre :detikHot/IniSajaMo

Comments