Kota Incheon menjadi tuan rumah UNFCCC

 


Kota Incheon, Korea Selatan terpilih sebagai tuan rumah Lembaga Dana Iklim Hijau. Dana Iklim Hijau atau Green Climate Fund –GCF adalah suatu badan yang menangani penyaluran dana iklim dibawah Konvensi PBB tentang Perubahan Iklim United Nations Framework Convention on Climate Change (UNFCCC).

Dalam pertemuan Dewan UNFCCC putaran ke-2yang diselenggarakan di gedung konvensi Songdo, Incheon pada tgl. 20 Oktober, para peserta memutuskan untuk memilih Songdo, Incheon sebagai kota tuan rumah kantor badan tersebut melalui pemungutan suara.


Pada hari itu, sejumlah 24 negara anggota Dewan UNFCCC melakukan pemungutan suara di Songdo Convensia terhadap 6 kotam termasuk Incheon dan Bonn, Jerman. Al- hasil, Incheon terpilih sebagai tuan rumah UNFCCC tersebut.

Dana Iklim Hijau -GCF sering disebut sebagai Bank Dunia bidang lingkungan, karena didirikan untuk mendukung upaya pengurangan efek gas rumah kaca di negara-negara berkembang dan melakukan adaptasi terhadap perubahan iklim dunia.
Pada sidang umum yang diadakan di Cancun, Meksiko pada akhir tahun 2010, pendirian dana itu disetujui oleh para anggota.

Skala dana UNFCCC diperkirakan senilai 800 miliar dolar Amerika. Dalam sidang umum di Cancun, para negara anggota ekonomi maju telah setuju mengucurkan dana awal darurat sebesar 300 miliar dolar setahun mulai tahun 2010 hingga 2012, kemudian membentuk dana jangka panjang hingga tahun 2020 sebesar 100 milar dolar setahun hingga tahun 2020.

Kantor sekretariat GCF yang akan didirikan di Korea adalah salah satu badan internasional penting. Di Songdo, Incheon dimana terdapat kantor GCF tersebut, akan diadakan sekitar 100 kali pertemuan internasional pada setiap tahun dan sektiar 500 tenaga staf terkait pertemuan itu akan tetap bekerja di setempat.

Dengan didirikannya kantor sekretariat UNFCCC di Incheon, diharapkan adanya efek ekonomi sebesar 380 miliar Won dalam setahun.

Korea mengharapkan dampak penciptaan lapangan kerja dan peningkatan permintaan untuk industri jasa, termasuk penginapan, pariwisata dan lalu lintas terkait berbagai kegiatan dan forum internasional terkait GCF.

Kantor sekretariat GCF sementara akan mulai pindah ke I-Tower di Songdo, Incehon mulai pada bulan Februari tahun depan, kemudian diluncurkan secara resmi pada pertengahan tahun 2013.


Source :kbsworld /IniSajaMo

Comments