Perubahan di Program Variety Show Korea, Ya Atau Tidak?


 



Program variety show di Korea adalah salah satu hal yang menarik untuk disimak dari Hallyu Wave. Meski ketika tidak bisa sama sekali bahasa Korea dan mengandalkan subtitle yang ada, hal itu tidak menghalangi orang-orang untuk kecanduan program-program unik tersebut. Dari berbagai variety show terbaik, pembawa acara dan casting yang terlibat berperan sangat vital. Kehadiran mereka merupakan daya jual dari variety show di Korea.  Dengan content yang harus selalu terupdate secara fresh, seorang host dan casting harus benar-benar kreatif. Sentuhan magis mereka diperlukan agar program tersebut mendapat rating tinggi.

Namun bagaimana jika dalam variety show tersebut terjadi perubahan host maupun casting yang terlanjur telah identik dengan sosok tertentu? Mampukah pengganti mereka mempertahankan alur dan popularitas program tersebut.

Berikut 10 perubahan yang terjadi di variety show populer Korea:


1. Strong Heart


Host Sebelumnya: Kang Ho Dong, Lee Seung Gi
Host Saat Ini: Shin Dong Yup, Lee Dong Wook

Ya Atau Tidak?

Tidak. Sangat sulit untuk menemukan pengganti host Kang Ho Dong dan Lee Seung Gi dengan chemistry mereka. Bakal butuh waktu lama bagi host baru Shin Dong Yup dan Lee Dong Wook untuk bisa menemukan performa terbaik mereka sehingga program STRONG HEARTS kembali ke puncak kejayaan mereka.



2. Star King


Host Sebelumnya: Kang Ho Dong
Host Sekarang: Digantikan oleh Boom dan Leeteuk dan Kang Ho Dong Kembali ke Star King ketika Leeteuk masuk militer.

Ya Atau Tidak?

Ya. Kehilangan MC senior Kang Ho Dong tentu berimbas pada popularitas program tersebut.  Namun dua orang yang cukup dekat dengan Kang Ho Dong, Leeteuk dan Boom mampu menggantikannya dengan sempurna untuk membawakan program tersebut. Namun pergantian tersebut tidak berlangsung lama karena Leeteuk harus menjalani wajib militer sejak tanggal 30 Oktober 2012 silam, dan Kang Ho Dong pun kembali masuk sebagai pembawa acara setelah hiatus dari segala kegiatan keartisan di Korea.


3. WGM


Casting Sebelumnya: Nichkhun - Victoria, Lee Teuk - Kang Sora, Alex - Shin Ae, Andy - Solbi, Jo Kwon - Ga-in, Eunjung - Jang Woo, Kim Hyun Joong - Hwang Bo, Yonghwa - Seohyun, dan beberapa pasangan lain.
Casting Saat Ini: Julien Kang - Yoon Se-ah, Hwang Kwanghee - Han Sunhwa, Lee Joon - Oh Yeon Seo

Ya Atau Tidak?

Ya dan Tidak.  Pasangan di program We Got Married selalu mengalami pergantian. Namun sayang ada perubahan yang begitu mendadak seperti dari pasangan Alex - Shin Ae dan Jang Woo - Eunjung.
Dengan pergantian tersebut produser seolah ingin membawa pasangan yang lebih lucu di variety show tersebut seperti pasangan Kwanghee - Sunhwa couple dan Lee Joon - Oh Yeon Seo.


4. Invicible Youth


Casting Sebelumnya: Kim Shin Young, Kim Tae Woo, Noh Ju Hyeon, Narsha, Hyomin, Sunhwa, Hara, Sunny, Yuri, HyunA, Sori, Victoria, Jooyeon
Casting Saat Ini: Boom, Kim Shin Young, Lee Young Ja, Hyoyeon, Yewon, Bora, Jiyoung, Suzy

Ya Atau Tidak?

Tidak. Jumlah casting dan sosok-sosok terkenal dalam program ini begitu berpengaruh. Ketika terjadi perubahan, rating dari program tersebut tidak bisa naik dan pada tanggal 5 November diberitakan program ini bakal dicancel.
Rating dari Invincible Youth turun secara drastis setelah mereka kehilangan sosok-sosok yang super imut seperti Sunny, HyunA, Hara dan Sunhwa.


5. Running Man

 
Casting Sebelumnya: Yoo Jae Suk, Gary, Ha Ha, Ji Suk Jin, Kim Jong Kook, Lee Kwang Soo, Song Ji Hyo, Song Joong Ki, Lizzy
Cast Saat Ini: Yoo Jae Suk, Gary, Ha Ha, Ji Suk Jin, Kim Jong Kook, Lee Kwang Soo, Song Ji Hyo

Ya Atau Tidak?

Ya dan Tidak. Kehilangan sosok flower boy seperti Song Joong Ki dan member After School yang imut, Lizzy tentu memiliki dampak pada popularitas program ini.
Ya: Karena member lain seperti Lee Kwang Soo mendapat kesempatan lebih besar untuk tampil di depan layar dan menunjukkan karakternya.
Tidak: Karena dua sosok tersebut merupakan sosok yang eye candy dalam Running Man. Tentu penonton kehilangan keduanya.


6.RadioStar 


Host Sebelumnya: Yoon Jung Shin, Kim Gura, Kim Kook Jin, Shin Jung Hwan, Heechul
Host Saat Ini: Yoon Jung Shin, Kim Kook Jin, Yoo Sae Yoon, Kyuhyun

Ya Atau Tidak?

Ya. Ketika Kim Gura yang dikenal sarcastic namun cerdas, harus meninggalkan show karena statement yang ia buat beberapa tahun silam. Spotlight kini berada pada sosok Kyuhyun Super Junior, yang juga dikenal dengan lidahnya yang tajam dan cerdas. Humornya yang sedikit tajam kadang membuat jengkel, namun di saat bersamaan kita begitu menyukainya.


7. Infinity Challenge


Cast Sebelumnya: Yoo Jae Suk, Jung Hyung Don, Park Myung Soo, Jung Jun-ha, Noh Hong Chul, Ha Ha, Gil, Jun Jin
Cast Saat Ini: Yoo Jae Suk, Jung Hyung Don, Park Myung Soo, Jung Jun-ha, Noh Hong Chul, Ha Ha, Gil

Ya Atau Tidak?

Tidak. Infinity Challenge masih merupakan salah satu program variety show paling populer di Korea. Namun kepergian Junjin Shinhwa dari program ini cukup berpengaruh karena ia adalah sosok yang memiliki kemampuan variety cukup bagus. Banyak orang berharap Junjin kembali ke show yang telah berusia lebih dari 7 tahun ini.


8. Family Outing


Casting Sebelumnya: Yoo Jae Suk, Lee Hyori, Daesung, Lee Chun Hee, Park Ye Jin, Kim Jong Kook, Yoon Jong Shin, Kim Suro, Park Hae Jin, Park Si Yeon
Berubah Menjadi: Kim Won Hee, Yoon Sang Hyun, Ji Sang Ryul, Shin Bong Sun, Yoona, Taecyeon, Jo Kwon, Hee Chul, Jang Dong Min

Ya Atau Tidak?

Tidak. Bahkan ketika idol seperti Hee Chul (Super Junior), Yoona (SNSD), Taecyeon (2PM) dan Jo Kwon (2AM), terlibat program ini. Mereka tidak bisa mengembalikan kejayaan Family Outing Season 2 seperti sebelumnya.
Variety show ini akhirnya dihentikan lima bulan setelah pergantian tersebut karena rating yang rendah, dan kurangnya chemistry dari member yang ada.


9. 1 Night 2 Days


Cast Original: Kang Ho Dong, Lee Seung Gi, Lee Soo Geun, Eun Ji Won, Kim C, MC Mong, Kim Jong Min, Uhm Tae Woong
Cast Saat Ini:Lee Soo Geun, Kim Jong Min, Uhm Tae Woong, Kim Seung Woo, Cha Tae Hyun, Sung Si Kyung, Joo Won

Ya Atau Tidak?

Tidak. Ketika performance Lee Su Guen secara perlahan makin menanjak untuk menjadi MC yang bagus. Namun ia harus menghadapi fakta sulitnya untuk mencapai posisi MC setingkat Kang Ho Dong dengan standarnya dan popularitas seperti Lee Seung Gi.
1 Night 2 Days sempat mendapat respon yang baik. Namun hal itu berubah drastis ketika cast original termasuk MC Mong, Kang Ho Dong, Lee Seung Gi dan Eun Ji Won meninggalkan show.


10. Win Win


Host Sebelumnya: Kim Seung Woo, Taeyeon, Wooyoung, Kim Shin Young, Choi Hwa Jung
Peruabahan Host: Kim Seung Woo, Tak Jae Hoon, Lee Soo Geun, Lee Kikwang (telah meninggalkan show)

Ya Atau Tidak?

Tidak. Banyak orang begitu cinta interaksi antara Taeyeon SNSD dan Wooyoung 2PM, di mana mereka sempat terlibat show ini selama 6 bulan. Kikwang sempat mengisi posisi dua bintang tersebut, dan dijuluki blue chip dari variety program. Namun sayang kehadirannya juga tidak lama karena pada tanggal 4 Oktober, Kikwang melakukan syuting terakhir dan sesudahnya ia lebih memilih fokus bersama B2ST.




 Source :kapanlagi com.




Comments