102 Aktor Korea Ramai-Ramai Tuntut Bayaran ke KBS

 


102 aktor Korea Selatan yang diwakili Choi Soo Jong, Seo In Sik dan Lee Hyo Jung ramai-ramai menuntut bayaran ke stasiun KBS. Para aktor dan aktris ini merasa stasiun KBS membayar mereka tak sesuai dengan kontrak dan masa tayang acara ataupun serial yang dibintanginya.

Salah satu contohnya adalah seorang aktor hanya menerima bayaran untuk penampilan selama 60 menit. Padahal menurut kontrak dan masa tayang acaranya, ia tampil selama 70 menit. Para aktor ini pun menuntut KBS membayar sesuai kontrak yakni memperhitungkan setiap menit mereka tampil.

"Pihak produksi adalah pihak yang membayar aktor. Sedangkan KBS yang menentukan berapa lama satu episode ditayangkan," ujar perwakilan para aktor tersebut. "Karena itulah kami memutuskan untuk menuntut KBS."

Parahnya, sistem pembayaran seperti ini telah dilakukan oleh stasiun KBS selama 10 tahun. Untuk setiap aktornya, KBS diduga berhutang hingga USD 100 ribu (sekitar Rp 969 juta). Bahkan, jika para aktor ini memenangkan tuntutannya di pengadilan, KBS bisa merugi lebih dari USD 10 juta (sekitar Rp 96 miliar).

"Jumlah yang harus dibayar KBS untuk setiap aktor adalah USD 100 ribu," ujar perwakilan tersebut. "Jadi totalnya sekitar USD 1,2 juta (sekitar Rp 11 miliar)."
Saat ditanyai mengenai permasalahan ini, pihak stasiun KBS mengaku meminta maaf. Mereka berjanji akan berusaha menyelesaikan kasus ini dengan para aktor.

"Kami meminta maaf sedalam-dalamnya atas terjadinya kasus ini," ujar perwakilan KBS. "Bagaimanapun juga, KBS akan berusaha melakukan yang terbaik untuk menyelesaikan permasalahan ini."
 
 
 
 
Credit : wowkeren/IniSajaMo

Comments