Budaya Pop Korea — Siapa yang Akan Bersinar di 2013?


Pada tahun 2012, budaya pop Korea mengejutkan dunia lewat tarian penunggang kuda “Gangnam Style”. Bagaimana dengan 2013? Akankah ada musik atau film/drama Korea yang fenomenal?

Film

"The Thieves"
"The Thieves"
  
Walau tidak seheboh “Gangnam Style,” film Korea sebenarnya cukup menggebrak. Selama tahun 2012, menurut organisasi Korean Films ada dua film favorit yang berhasil ditonton oleh penduduk Korea Selatan sendiri hingga 10 juta penonton. Yaitu: “The Thieves” dan “Masquarade.” Selain itu, film garapan Kim Ki Duk, “Pieta” keluar sebagai film terbaik dalam festival film Venice.

Di tahun 2013, pamor film Korea akan semakin tinggi. Setidaknya, dari segi sutradara dan para pemain. Di awal tahun, aktris Bae Doo Na berhasil direkrut sebagai salah satu aktris dalam film garapan Andy Wachowski, “Cloud Atlas”. Ia beradu akting dengan aktor papan atas Hollywood seperti Tom Hanks dan Halle Berry.

Pamor sutradara Korea yang langganan mencetak box office di negaranya pun akan melejit di tahun ini. Park Chan Wook, Bong Joon Ho dan Kim Jee Woon akan menjadi sutradara film Hollywood. Ketiga film ini dari garapan tiga sutradara ini pasti akan menjadi film yang paling banyak diantisipasi.

Park Chan Wook merekrut Nicole Kidman dalam film Hollywood pertamanya, “The Stoker”. Sedangkan, Bong Joon Ho akan debut dengan “The Snowpiercer” di mana Chris Evans, Jamie Bell, dan Tilda Swinton akan tampil sebagai pemeran utama.

Park Chan Wook akan menjadi produser film ini dan salah satu aktor watak Korea, Song Kang Ho, akan ikut berakting. Dan, yang terakhir, adalah Kim Jee Won dengan filmnya “The Last Stand” yang dibintangi Arnold Schwarzenegger dan Johnny Knoxville. Rencananya, film bergenre laga ini beredar Februari.

Drama

  
Soo Ae dan U-Know Yunho

Akan semakin banyak penyanyi K-pop yang akan menjadi aktor. U-Know Yunho dari DBSK, misalnya, akan berakting dalam drama “Queen of Ambition” dan beradu akting dengan Kwon Sang Woo. Chansung dari 2PM pun akan tampil dalam drama, “7th Grade of Civil Servant.” 

 

Chansung dalam "7th Grade of Civil Servant"Di dalam drama ini, Chansung akan beradu akting dengan Joo Won, yang tampil memikat di drama “Gaksital”. Yang akan beredar menjelang akhir tahun adalah drama dari Kim Hyun Joong, “Dosijongbol (City Conquest)”.

Drama-drama sebelumnya yang dibintangi ketiga penyanyi ini kurang sukses. Ketiga drama ini akan menjadi pembuktian apakah mereka memang bisa berakting. Tidak semata memanfaatkan kepopuleran K-pop.

Drama lain yang paling ditunggu para penggemar kpop adalah drama yang dibintangi oleh Lee Seung Gi dan Suzy (Miss A), “The Gu Family”. Drama yang akan mengambil formula sageuk ini diprediksikan akan mengundang banyak penggemar dan perbincangan seperti drama sageuk yang menghebohkan tahun lalu, “The Moon Embraces The Sun,” yang juga melejitkan Kim Soo Hyun.

Musik


  

Psy

Lalu bagaimana dengan musik. Apakah Psy akan melakukan prestasi yang sama seperti “Gangnam Style?” Atau akan semakin banyak kesuksesan konser yang laris manis keliling dunia seperti yang dicetak Big Bang lewat aturan promoter raksasa Live Nation?

 

Girls GenerationGirls Generation adalah yang pertama memulai gebrakan di awal tahun. Pas tanggal 1 kemarin, grup yang dibentuk tahun 2007 ini meluncurkan album keempat, “I Got A Boy.” Album ini langsung melejit di peringkat pertama untuk kategori album dunia versi Billboard. Video klip mereka kini berada di urutan kedua yang paling banyak ditonton, di bawah “Gangnam Style.”

 

2PM2PM  juga akan merilis album baru di tahun 2013. Di awal tahun, pihak JYP telah mengeluarkan pengumuman kalau Taecyeon dan kawan-kawan akan mengeluarkan album Jepang dan Korea di awal tahun ini. Februari nanti, grup akan mengeluarkan album berbahasa Jepang kedua mereka yang akan diberi judul “Legend of 2PM.”

Disusul dengan album berbahasa Korea, yang merupakan album ketiga grup. Jarak antara album sebelumnya yang hampir rentang dua tahun, membuat album mereka menjadi album yang ditunggu-tunggu. Apalagi, bersamaan dengan album ini, untuk pertama kalinya Nichkhun akan tampil di hadapan publik Korea, setelah sebelumnya seluruh kegiatannya di Korea dihentikan akibat kasus mengemudi setelah minum minuman beralkohol.

 

Kim JaejoongSerbuan artis mengeluarkan album mini pun akan bertubi-tubi. Bulan ini saja, sudah ada Kim Jaejoong dari JYJ dengan “Mine” dan disusul oleh CN Blue dengan “Re: Blue.”

Dan, yang hampir bisa dipastikan bersiaplah dengan serbuan konser kpop. Mungkin tidak dengan menggaet promoter internasional. Namun, konser dengan skala produksi sebesar Big Bang, SM Town, atau konser terakhir 2PM di Jakarta, mungkin akan banyak yang berani melakukannya.

Setidaknya, jika di Jakarta, akan dimulai dengan konser “Music Bank” yang berkolaborasi dengan salah satu stasiun televisi Korea dan menampilkan grup yang memang termasuk populer di sini, Super Junior, 2PM, Beast, Shinee dan Infinite. Jadi, judulnya rajin-rajinlah menabung jika ingin menjadi “fangirl K-pop” terdepan.





Yahoo com.
Shared By IniSajaMo


Comments