Konflik KBS dengan Pihak Produksi Drama City Conquest

Konflik KBS dengan Pihak Produksi Drama City Conquest
 
Tidak diperbolehkan tayang di Korea drama City Conquest yang dibintangi oleh Kim Hyun Joong, baru-baru ini kembali jadi sorotan hangat media lokal Korea.

Seperti yang sudah dikabarkan sebelumnya, drama ini tidak akan ditayangkan di beberapa chanel televisi besar karena alasan biaya yang terlalu mahal. Namun baru-baru ini kejadian tersebut ternyata membuahkan konflik antara perusahaan produksi drama (Media Back) dengan salah satu saluran televisi (KBS).

Media Back mengasumsikan City Conquest ditolak karena alasan sentimen terhadap pemerintahan, sementara KBS membantah isu tersebut dengan alasan lebih kepada biaya produksi.

Dilansir dari enews, melalui siaran pers pada tanggal 31 Januari Media Back mengatakan, "Para Pejabat KBS mengatakan alasan drama kami tidak diberikan jam tayang adalah karena, kekerasan yang tidak sesuai dengan iklim politik di Korea sekarang, meskipun kualitas konten dan nilai bisnis dari drama ini tinggi"

Mereka menambahkan "Kami sudah mendengarkan pendapat para pejabat eksekutif, kami juga sudah mencoba untuk mencapai kesepakatan masalah dengan menggantikan penulis skenario, aktor, naskah dan cerita diedit meskipun harus menanggung kerugian biaya produksi. Setelah itu ternyata Presiden baru yang diangkat KBS yang menggantikan bagian pusat eksekutif drama, seolah-olah telah melempar kita dan kita tidak akan diberikan jam tayang lagi"

Pihak Media Back kemudian membandingkan City Conquest dengan drama sebelumnya Iron King yang mempunyai cerita hampir sama memiliki banyak sentimen kepada pemerintahan namun bisa ditayangkan di Korea. Meskipun sebelumnya juga sama, drama Iron King menuai kontroversi tentang alur ceritanya yang penuh intrik politik.

Mendengar pernyataan dari Media Back, pihak KBS langsung menjawab melalui halaman website mereka. Mereka mengatakan "Kami sudah mengadakan pertemuan empat mata tentang masalah City Conquest, dan mendiskusikannya dengan hati-hati. Kami terus-menerus meminta umpan balik pada kualitas sebelum memberikan slot waktu. Setelah melihat melalui skenario dan plot, kami memutuskan bahwa drama itu sangat tidak kompetitif, berisi terlalu banyak kekerasan serta isu-isu lain yang tidak layak ditayangkan untuk umum. Ini adalah alasan kenapa kita membuat keputusan untuk menolak slot waktu tayang"

KBS kemudian menyebutkan bahwa dalam dokumen awal yang diberikan kepada produsen juga berisi pernyataan bahwa slot waktu akan ditolak jika script tidak kompetitif. Mereka juga menegaskan akan mengambil tindakan yang tegas terhadap klaim yang diambil oleh Media Back terhadap pernyataan mereka.
Photo: @Henecia Cheong

Comments