Baldal-mun dan Jangan-mun Gate, Landmark Kota Suwon

 


Suwon adalah kota yang unik. Ia dibangun berdasarkan falsafah kuno negeri gingseng pada masa pemerintahan Raja Jeongjo (1752 – 1800). Jeongjo adalah raja ke-22 dari Dinasti Joseon (1392 – 1910). Setidaknya ada dua landmark penting di Suwon, yakni pintu gerbang  Baldal-mu dan Jangan-mun. Berlibur ke Suwon belum lengkap jika belum melihat dua bangunan ini.

Kota ini nyaris selalu disebut jika kita membicarakan sejarah Korea. Suwon merupakan satu-satunya kota yang dikelilingi benteng. Benteng tersebut sudah dibangun sejak masa kerajaan dan dipertankan hingga kini. Berbagai peninggalan sejarak kota ini bahkan jauh lebih menarik daripada hal-hal lain seperti pabrik Samsung Elektronic yang sangat besar. Suwon juga menjadi rumah bagi 14 universitas terkenal di Korea.

 


Dua landmark terkenal di Suwon adalah pintu gerbang Baldalmun dan Jangan-mun. Baldal-mun adalah salah satu arsitektur kuno paling representatif di Suwon. Pada wisatawan yang datang ke kota ini melalui Stasiun Suwon langsung akan melihat Baldal-mun Gate. Gerbang yang berdiri kokoh ini membelah sebuah jalan besar sehingga menyulitkan kita untuk sekedar mendekati atau menyentuh Baldal-mun.

Yang kedua, adalah Jangan-mun Gate yang menjadi pintu gerbang sebelah utara benteng Hwaseong. Ia dianggap sebagai gerbang utama karena pada masa kerajaan, raja seringkali tiba dari arah Hanyang sehingga akan masuk melewati Jangan-mun.  Bangunan tua nan kokoh ini seringkali menjadi sudut yang diabadikan para fotografer untuk menunjukkan sejarah kota Suwon di masa lalu. Sekilas, benteng ini hampir mirip dengan Nandaemun Gate yang ada di Seoul, namun dari segi ukuran Jangan-mun Gate jauh lebih besar dari Nandaemun Gate. Anda bisa mengunjungi benteng ini sejak pukul 9 pagi hingga 6 sore selama musim panas. Sedangkan saat musim dingin durasi berkunjung dibatasi hanya sampai pukul 5 sore.


 


Melihat dari dekat Jangan-mun Gate berarti  Anda harus berkunjung ke benteng Hwaseong. Untuk masuk ke benteng ini Anda harus membayar tiket sebesar 1500 Won untuk pengunjung dewasa, 1000 Won untuk remaja dan 700 Won untuk anak-anak.
Jangan-mun bisa dicapai dengan naik Seoul subway line 1 menuju Suwon Station. Sesampainya disana naiklah bus nomor 5, 7, 77-1, 82-1, 83-1, 700-2 atau 30.




Credit :panduanwisata com
Shared By IniSajaMo


Comments