Mulyanggi, Arboretum di Tengah Kota Osan

 


Warga Osan, Gyeonggi, Korea Selatan pasti sangat bersyukur menjadi bagian dari kota ini. Kendati menjadi salah satu tempat yang sangat maju di Korea, namun mereka tetap bisa menikmati ketenangan. Ada Arboretum Mulyanggi yang senantiasa bisa “mendinginkan suasana” di tengah bangunan pencakar langit kota Osan.

Mulyanggi terletak di tengah-tengah apartemen pusat kota. Berdiri di areal seluas 330.580 meter persegi, Mulyanggi mempunyai berbagai sudut yang terdiri dari 16 tema dengan berbagai fasilitas pelengkap. Tidak hanya itu, mengajak keluarga Anda bersantai di Arboretum sama dengan mengajak mereka untuk mengenal 445.704 tanaman dari 1718 species termasuk 974 jenis pohon dan 662 jenis bunga, semak dan rumput. Ya, Arboretum Mulyanggi memang tempat yang mempertemukan siapa saja dalam satu tempat. Anak-anak bisa bermain gembira di Topiary Center. Disini, kita bisa melihat dari dekat burung-burung merak, penyu dan burung pelatuk. Arboretum ini juga mempunyai wahana yang sangat disukai pengunjung yakni maze center yang berbentuk seperti labirin, dimana kita harus menemukan pintu untuk keluar.

 

Ajak juga mereka ke hutan pinus, pohon-pohon buah, pusat pohon lokal yang hanya  tumbuh di Korea, sawah ekologi, pusat tanaman yang hidup di daerah lembab, pusat serangga dan masih banyak lagi yang lain. Di pusat serangga, para wisatawan dapat melihat aneka serangga seperti kumbang dan juga kupu-kupu.

Arboratorium ini juga sangat terjaga kebersihannya. Kita masih bisa melihat berudu yang berenang dan tupai yang naik turun pohon. Kesegaran udara di Arboretum Mulyanggi ini membuat banyak pengunjung lupa bahwa ia masih berada di tengah kota bukan di daerah pegunungan ataupun dataran tinggi.

Taman botani Mulyanggi dibangun dengan dana sekitar 7 miliar Won dan dibuka untuk umum sejak tahun 2006. Jaraknya dari kota Seoul hanya berkisar 1 jam.  Demi kenyamanan pengunjung, arboretum ini dilengkapi berbagai fasilitas seperti observatorium, tempat-tempat peristirahatan di hutan dan air mancur. Dari observatorium yang berada di puncak arboretum ini Anda akan melihat panorama keseluruhan taman botani  termasuk aneka bunga dan aliran air yang tampak di beberapa sudutnya.

 


Arboretum Mulyanggi dapat dikungjungi sejak pukul 9 pagi hingga 6 sore selama musim panas yang jatuh pada bulan Maret hingga Oktober. Sedangkan saat musim dingin waktu kunjungan dipersingkat hanya sampai pukul 5 sore. Tiket masuk Arboretum berkisar dari 500 Won hingga 1000 Won tergantung usia pengunjung dalam jumlah anggota rombongan.

Untuk mencapai lokasi ini, Anda bisa naik bus nomor 301 dari Stasiun Suwon menuju pintu masuk Suncheong-dong Arboretum Mulyanggi.




Source :panduanwisata




Comments